Bikin Tanaman Hias Rimbun dengan Pupuk dari Micin dan Air Cucian Beras

Kompas.com - 18/01/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi tanaman hias Aglonema Brilliant. SHUTTERSTOCK/DROPSTOCKIlustrasi tanaman hias Aglonema Brilliant.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias yang tumbuh rimbun tentu menjadi sesuatu yang diinginkan oleh orang-orang agar tanaman hias yang mereka miliki semakin cantik dan menarik untuk dipandang.

Namun, untuk membuat tanaman hias menjadi rimbun, tidak sedikit orang menganggap kalau itu memerlukan perawatan dan pemupukan yang khusus.

Akan tetapi, membuat tanaman hias menjadi rimbun tidak selalu demikian, di mana terdapat cara mudah untuk bisa mewujudkannya.

Baca juga: Micin Bisa Suburkan Tanaman, Begini Caranya

Dilihat dari akun Youtube Tanaman Rumah, Senin, (18/1/2021), kamu dapat merimbukan tanaman hias dengan pupuk dari bahan dapur.

"Untuk melakukan pemupukan tanaman hias ini sebenarnya sangat sederhana sekali untuk caranya, yang di mana pemupukan tanaman hias ini dengan penggunaan bahan sederhana yang terdapat di dapur rumah kita," jelas Irfan selaku pegiat tanaman dalam akun Youtube tersebut.

Secara pribadi, Irfan mengaku kalau tanaman yang terdapat di pekarangan rumahnya, baik itu tanaman buah maupun tanaman hias, tidak pernah diberi pupuk yang terdapat di toko pertanian.

Dan bahan yang sering ia gunakan sebagai pupuk tanaman adalah micin atau MSG. Irfan mengatakan bahwa micin atau MSG adalah salah satu pupuk andalannya untuk melakukan pemupukan tanaman yang terdapat di pekarangan rumahnya.

Baca juga: Overdosis Pupuk pada Tanaman, Apa Tanda-tandanya?

Micin sendiri memiliki kandungan kalium dan natrium, yang mana kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.

Agar pertumbuhan tanaman hasilnya bisa jadi lebih maksimal ia juga menggunakan bahan yang tak asing dan sering disajikan hampir setiap hari di dapur, yakni air cucian beras.

Air cucian beras diketahui mengandung unsur fosfor, 80 persen vitamin B1, 70 persen vitamin B3 , 90 persen vitamin B6, 50 persen mangan (Mn), 50 persen fosfor (P), 60 persen zat besi (Fe), 100 persen serat, dan asam lemak esensial.

Saat micin dan air cucian bera dicampur, keduanya memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan tunas daun, menjaga dan meningkatkan kualitas warna daun, sehingga daun tidak mudah terjadi penuaan dini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X