Kompas.com - 18/01/2021, 21:06 WIB
Ilustrasi buah kelengkeng di pohon. SHUTTERSTOCK/LADDA TONGLOIlustrasi buah kelengkeng di pohon.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini merawat berbagai tanaman menjadi populer di kalangan pencinta tanaman maupun pemula. Berbagai jenis tanaman hias, herbal, bahkan buah bisa dirawat sendiri di rumah.

Tak semua tanaman buah membutuhkan lahan yang besar untuk tumbuh, salah satunya tanaman buah kelengkeng yang dapat ditanam di dalam pot.

Mengutip kanal Youtube Taman Inspirasi, Senin (18/1/2021), kelengkeng yang ditanam di dalam pot dapat dikendalikan pertumbuhan tingginya, sehingga dapat ditentukan ketinggiannya dan tidak sampai menjulang tinggi hingga 10 meter.

Baca juga: Ingin Menanam Tanaman dengan Air? Ini yang Harus Diperhatikan

Dalam proses budidaya menanam kelengkeng di dalam pot, pemilihan bibit merupakan dasar agar kelengkeng dapat tumbuh dengan baik.

Misalnya kelengkeng pingpong memiliki ukuran sebesar bola pingpong yang memiliki rasa manis namun agak basah karena kandungan airnya yang cukup banyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya masih banyak lagi varietas kelengkeng yakni kelengkeng dataran rendah antara lain kelengkeng merah, kelengkeng hawar, kelengkeng matalada, kelengkeng pingpong, kelengkeng diamond kelengkeng aroma durian, kelengkeng satu jari.

Kemudian kelengkeng dataran tinggi yang teridiri dari kelengkeng itoh, kelengkeng kristal, kelengkeng new kristal, kelengkeng kinglong, kelengkeng giant.

Baca juga: 5 Trik Menanam Tanaman Hias di Ruangan Terbatas

Bibit yang bagus untuk ditanaman di dalam pot adalah bibit akolasi karena tanaman akan cepat berbuah daripada bibit dari biji. Akan lebh bagus lagi bibit dari hasil cangkokan, karena hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk berbuah. Selain itu, hasil bibit cangkokan memiliki pohon yang lebih kecil dan tidak terlalu tinggi.

Pemilihan pot

Berbeda dengan pemilihan pot tanaman hias, pemilihan pot untuk kelengkeng harus diperhatikan dari segi jangka panjang, karena kelengkeng akan tumbuh besar. Anda bisa menggunakan drum, planter bag, atau semen cor.

Semakin tinggi bibit yang dipilih dan menghasilkan kelengkeng yang tinggi, dianjurkan pemilihan pot yang memiliki kedalaman yang cukup dan diameter yang lebih besar.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.