Ingin Merawat Tanaman di Balkon? Simak 7 Tips Ini Dulu

Kompas.com - 18/01/2021, 19:37 WIB
Ilustrasi merawat tanaman hias di balkon. SHUTTERSTOCK/MAKISTOCKIlustrasi merawat tanaman hias di balkon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren merawat tanaman hias yang melejit pada tahun 2020 lalu tampaknya masih akan berlanjut pada tahun ini. Lihat saja, beberapa jenis tanaman hias harganya masih sangat tinggi.

Merawat tanaman hias pun tidak melulu harus di halaman atau teras rumah. Balkon rumah atau apartemen pun bisa menjadi tempat untuk berkebun dan memelihara tanaman hias.

Sebelum Anda memulai merawat tanaman di balkon rumah atau balkon apartemen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dilansir dari Family Handyman, Senin (18/1/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Menarik

1. Pilih tanaman yang mudah dirawat

Penghuni apartemen mungkin tidak memiliki balkon yang luas, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan setiap inci ruang untuk membuat taman yang indah. Pastikan Anda memilih tanaman yang mudsh dirawat, sehingga tidak menyita banyak waktu dan perhatian Anda.

Beberapa contoh tanaman tahan banting dan mudah dirawat untuk taman balkon rumah atau apartemen antara lain yucca, zinnia, petunia, coneflower, dan daylily.

2. Taman vertikal

Pilihan yang bagus untuk memaksimalkan balkon kecil Anda adalah membuat taman vertikal. Anda dapat menggunakan pot tumpuk, pot yang menempel di dinding, dan pot gantung untuk taman balkon yang menakjubkan.

Bromeliad, pakis, begonia, hostas, sukulen, dan tanaman merambat cocok untuk berkebun vertikal.

Baca juga: Trik Membuat Taman Vertikal di Rumah

3. Menghalangi dinding atau pagar balkon

Jika Anda suka duduk di luar di balkon tetapi tidak tahan dengan privasi yang kurang, Anda dapat meletakkan tanaman untuk menyembunyikan dinding atau pagar. Ini tidak hanya akan membuat tempat yang lebih estetis untuk duduk dan bersantai, tetapi juga akan membuat tetangga tidak melihat ke dalam.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah menanam tanaman pemanjat seperti ivy, honeysuckle, dan melati, tanaman merambat eksotis, atau tanaman yang dapat dimakan seperti labu atau kacang-kacangan di taman balkon apartemen atau balkon rumah.

4. Sukulen bisa jadi pilihan

Jika balkon Anda hanya memiliki ruang untuk meja kecil, maka jadikan itu titik fokus dan buat mangkuk sukulen yang penuh warna. Selain bergaya, perawatannya rendah, dapat menggabungkan berbagai tanaman di ruang kecil dan hanya membutuhkan sedikit penyiraman.

Untuk membuat mangkuk sukulen, isi mangkuk dengan campuran pot yang diformulasikan untuk tanaman sukulen. Selanjutnya, pilih bagian tengah, yang biasanya merupakan tanaman berwarna-warni yang lebih besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X