10 Kegunaan Hand Sanitizer Selain untuk Mencuci Tangan, Apa Saja?

Kompas.com - 19/01/2021, 11:20 WIB
Ilustrasi hand sanitizer. UNSPLASH/KELLY SIKKEMAIlustrasi hand sanitizer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merebaknya pandemi virus corona membuat kita lebih memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Mencuci tangan, baik dengan sabun atau hand sanitizer pun sangat dianjurkan demi mencegah penyebaran virus.

Hand sanitizer bekerja membunuh virus dalam sekejap tanpa perlu dibilas air. Produk hand sanitizer yang beredar di pasaran antara lain berupa gel dan cairan semprot.

Nah, ternyata ada beragam manfaat hand sanitizer selain untuk membersihkan dan mencuci tangan kita. Beberapa peralatan di rumah pun akan kinclong ketika dibersihkan dengan hand sanitizer.

Baca juga: 8 Manfaat Beras Selain Dijadikan Nasi

Apa saja manfaat hand sanitizer? Dilansir dari Reader's Digest, Selasa (19/1/2021), berikut penjelasannya.

1. Membersihkan kacamata

Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli cairan khusus pembersih kacamata. Anda bisa menggunakan hand sanitizer semprot sebagai gantinya.

Hand sanitizer cair dapat membantu menghilangkan sidik jari dan kotoran lainnya pada lensa kacamata Anda.

2. Deodoran darurat

Lupa memakai deodoran saat pergi ke luar rumah? Bakteri yang bercampur keringat akan membuat ketiak Anda mengeluarkan bau tidak sedap.

Baca juga: Tisu Basah Disinfektan Habis? Bisa Bikin Sendiri di Rumah

Ketika Anda lupa memakai deodoran, jangan khawatir. Usapkan sedikit hand sanitizer pada ketiak untuk mencegah munculnya bau tidak sedap.

3. Membersihkan catokan rambut

Jika Anda sudah lama tidak membersihkan permukaan catokan rambut, ambil hand sanitizer untuk membersihkannya. Lempengan besi pada catokan tidak hanya dapat dilapisi dengan produk rambut, tetapi juga bakteri.

Setelah catokan dingin, olesi hand sanitizer, tunggu beberapa menit, lalu bersihkan.

4. Membersihkan bekas hairspray pada cermin

Saat Anda menyemprotkan hairspray, cermin akan mudah terkena butiran cairannya. Membersihkannya dari cermin bisa membutuhkan sedikit usaha, tetapi lebih mudah dengan hand sanitizer.

Cukup aplikasikan sedikit hand sanitizer ke kain mikrofiber atau tisu dapur, bersihkan, dan cermin Anda akan berkilau lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X