Kompas.com - 13/11/2020, 07:09 WIB
Ilustrasi TV. PIXABAY/StockSnapIlustrasi TV.

JAKARTA, KOMPAS.com - Goresan pada layar TV atau laptop tentu sangat menganggu dan dapat merusak tampilan sepenuhnya.

Mendapati goresan di layar adalah masalah umum yang disebabkan banyak hal.

Jika goresan yang ada di layar TV atau laptopmu hanya goresan kecil, kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan peralatan khusus untuk memperbaiki goresan.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Sofa

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan goresan dari layar TV atau komputer yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, (12/11/2020).

Periksa kerusakan

Periksa kembali goresan yang ada di layar TV atau laptop. Jika, masih berupa goresan kecil, maka kamu masih bisa memperbaikinya dengan langkah-langkah mudah.

Namun, apabila goresan yang ada termasuk goresan yang dalam hingga merusak plastik TV, maka sebaiknya kamu menyerah dan meminta pada ahlinya untuk diperbaiki.

Penanganan untuk goresan kecil

Untuk mengatasi goresan di layar TV, kamu harus mempersiapkan beberapa bahan seperti minyak kayu putih, atau etanol. Dua bahan ini mampu mengangkat atau menyamarkan goresan yang menempel.
Matikan TV

Baca juga: 6 Pilihan TV yang Cocok untuk Kamar Tidur

Goresan akan lebih gampang terlihat jika layar TV mati. Selain itu, mematikan TV ketika membersihkan goresan layar TV bertujuan untuk mencegah kerusakan dari cairan pembersih yang kamu gunakan.

Semprotkan cairan ke goresan

Oleskan atau semprotkan cairan penghilang goresan berupa minyak kayu putih dan etanol secukupnya di sekitar goresan.

Gunakan kain microfiber

Kain microfiber tidak seperti handuk atau kain lap umumnya. Jika memiliki kain microfiber, maka kamu harus memiliki bahan microfiber lain seperti kanebo. Kain microfiber tidak akan menggores layar TV milikmu.

Usapkan goresan yang sudah diolesi atau disemprot dengan minyak kayu putih dan etanol menggunakan kain microfiber, dan lakukan hal ini hingga cairan itu kering. Lap goresan layar dengan gerakan melingkar dan bukan gerakan ke kanan kiri atau atas bawah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X