Kompas.com - 19/01/2021, 14:24 WIB
Ilustrasi kamar mandi kecil. SHUTTERSTOCK/ARTAZUMIlustrasi kamar mandi kecil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area yang paling lembab di dalam rumah, kamar mandi harus memiliki sirkulasi udara yang memadai, sehingga bisa mengalirkan udara dari dalam ke luar.

Namun, beberapa kamar mandi, tidak memiliki ventilasi yang memadai bahkan berada di ruangan yang tertutup.

Jika hal ini yang terjadi, solusi untuk mendapatkan udara segar dari luar adalah menggunakan exhaust fan yang ditempelkan di dinding maupun di langit-langit.

Baca juga: Gunakan Bahan Ini untuk Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi

Dilansir dari The Spruce, Selasa (19/1/2021), exhaust fan atau kipas ventilasi kamar mandi adalah perangkat ventilasi mekanis yang mengalirkan udara dalam ruangan ke luar ruangan melalui pipa fleksibel atau saluran logam.

Kipas ini akan mengeluarkan kelembapan dan bau yang tak sedap dari kamar mandi serta meningkatkan kualitas udara.

Bamun, yang harus diketahui adalah tidak semua ruangan dapat menggunakannya dengan ukuran yang sama, sebab kipas ini memiliki rekomendasi khusus untuk menyesuaikan tiap-tiap luas ruangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelembaban dapat merusak kamar mandi

Banyak orang yang berpikir jika kipas ini memiliki fungsi utama untuk menghilangkan bau dari kamar mandi, tetapi fungsi yang lebih penting sebenarnya untuk mengeluarkan udara hangat dan lembab seperti yang dihasilkan dari penggunaan bak mandi atau pancuran.

Baca juga: Ingin Kamar Mandi Lebih Rapi? Begini Caranya

Udara yang hangat dan lembap tidak hanya mendorong pertumbuhan jamur, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada perlengkapan dan permukaan kamar mandi. 

Tanpa exhaust fan, kamar mandi rentan terhadap penumpukan kelembapan berlebih bahkan bisa menyebabkan kerusakan dinding, lantai, dan langit-langit kamar mandi.

Udara lembab yang mengalir dari pancuran merupakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan jamur, lumut, dan mikroorganisme.

Kelembaban ini juga bisa merusak material interior ruangan seperti wallboard, cat tembok, trim, dan pintu. Jika kamar mandi Anda memiliki bau yang tak sedap dan tidak memiliki ventilasi, sangat disarankan untuk menggunakan exhaust fan untuk mencegah pertumbuhan jamur semakin meningkat.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.