Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2021, 16:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberikan tepukan di kepala, usapan di perut, serta camilan dan makanan yang bergizi merupakan cara untuk menjaga anjing peliharaan bahagian dan sehat.

Namun, di samping hal tersebut, ada salah satu hal yang membantu anjing lebih sehat dan bahagia, yakni berolahraga. Seperti manusia, anjing pun membutuhkan olahraga setiap harinya agar tubuh mereka tetap sehat.

Namun, seberapa banyak olahraga yang dibutuhkan anjing setiap hari?

Baca juga: Simak, Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memelihara Anak Anjing

"Persyaratan latihan pada anjing dewasa dapat bervariasi berdasarkan ras anjing Anda dan jika mereka memiliki kondisi yang mendasarinya," kata Carly Fox, staf dokter hewan di Animal Medical Center New York City, seperti dilansir dari Southern Living, Selasa (9/2/2021). 

Misalnya, anjing border collie berusia 5 tahun membutuhkan lebih banyak latihan daripada bulldog Prancis berusia 5 tahun.

Secara umum, olahraga anjing dewasa dan anjing penggembala seperti collie, shepherd, dan golden retriever membutuhkan sekitar 1-1,5 jam latihan sehari.

Sedangkan ras lainnya seperti Pomeranians, yorkies, dan dachshund serta ras brachycephalic (anjing berkepala pendek) seperti pesek, terrier Boston, hanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit sehari.

Baca juga: Ternyata, Anjing Juga Bisa Merasa Sedih dan Menangis

Jika anjing Anda termasuk kategori senior atau memiliki kondisi medis yang mendasarinya, seperti radang sendi, mereka masih bisa mendapat manfaat dari latihan rutin harian.

Biasanya, anjing geriatri berusia lebih dari 8 tahun untuk ras kecil, lebih dari 10 tahun untuk ras ukuran sedang, dan lebih dari 11 tahun untuk ras besar.

"Secara umum, mereka membutuhkan 30-60 menit latihan, dibagi menjadi beberapa sesi sepanjang hari," kata Fox.

Seberapa sering latihan yang dibutuhkan anak anjing? 

"Anak anjing memiliki banyak energi tetapi juga membutuhkan waktu istirahat (seperti balita)," jelas Fox.

Anda harus berolahraga atau bermain dengan anak anjing Anda dalam sesi 5 sampai 10 menit. Ini akan memaksimalkan permainan Anda karena mereka memiliki banyak energi untuk dibakar namun lebih sedikit stamina untuk menempuh jarak daripada anjing dewasa.

Pastikan untuk mengizinkan mereka tidur siang dan istirahat. Saat mereka bangkit lagi, mereka akan siap untuk putaran 2 atau 3 atau 4, dalam hal ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com