Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2021, 22:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Model dan bentuk televisi atau TV terus berubah seiring kemajuan teknologi dan zaman. Bahkan, model TV berubah dramatis sejak kemunculannya pertama kali.

Mulai dari, model tv tabung, pengenalan TV berwarna yang meluas secara revolusioner pada 1960-an, TV konsol pada 1980-an, hingga TV layar datar plasma dan LED saat ini. 

Baca juga: Cara Menghubungkan Smartphone ke Layar TV Tanpa Kabel

Dibanding model lainnya, TV layar datar membutuhkan perawatan dan perhatian lebih serta kehatian-hatian demi menjaga tampilan layarnya juga membuat TV tahan lama.

Melansir dari laman Family Handyman, Selasa (8/6/2021), berikut ini lima hal yang tidak boleh dilakukan pada TV layar datar. 

Baca juga: Cara Menghubungkan Smartphone ke Layar TV Tanpa Kabel

Jangan memasang TV di atas tungku perapian

Tungku perapian dan TV umumnya diletakkan di ruang keluarga atau ruang menonton. Keberadaan tungku perapian membuat ruang terlihat lebih hidup dan mewah.

Biasanya, kebanyakan orang meletakkan TV di tembok yang berada di atas tungku perapian. Padahal, hal itu sangat tidak disarankan. 

Baca juga: 9 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smart TV

Lantas, di mana harus meletakkan TV? Anda bisa meletakkan TV di mana saja, kecuali di atas tungku perapian. Sebab, tungku perapian dapat menghangatkan TV layar datar dan akibatnya memperpendek umur TV.

Ditambah, risiko TV terjatuh ke tungku perapian serta butiran arang dari tungku bisa mengenai TV. Tentu hal ini tidak hanya merusak TV, tapi juga mendatangkan bahaya bagi rumah

Baca juga: Ada Garis di Layar TV, Ini 4 Penyebabnya

Jangan membersihkan dengan bahan kimia

Sebagian besar dari kita beranggapan bahwa layar TV bakal lebih bersih dan berkilau bila memakai cairan pembersih khusus berbahan kimia dan handuk kertas. Padahal, hal itu justru merusak TV.

Bahan kimia dapat merusak layar televisi dan handuk kertas serta bahan abrasif lainnya dapat menggores layar. 

Baca juga: 9 Tips untuk Membuat TV LED Lebih Tahan Lama

Cukup membersihkan TV layar datar dengan air dan kain kering yang bersih. Bisa pula menggunakan cuka yang telah dicampur bersama air dengan perbandingan yang sama.

Hindari meletakkan gadget dekat TV

Menempatkan Playstation, Apple TV, atau pemutar Blu-ray di dudukan atau kabinet TV tertutup bersamaan dengan televisi dapat membatasi aliran udara ke perangkat sehingga meningkatkan suhu TV dan memperpendek masa pakainya. 

Baca juga: TV Layar Datar Sebaiknya Dipasang di Dinding atau Diletakkan di Meja?

Perlu diketahui bahwa suhu tinggi dapat mematikan elektronik, termasuk televisi.

Jangan pernah membaringkan TV

Apabila ingin memindahkan TV layar datar ke area lain, jaga agar TV tetap tegak selama pemindahan.

TV layar datar dirancang dengan sangat hati-hati sehingga beratnya didistribusikan secara merata saat dalam posisi berdiri.

Baca juga: Apa Itu Smart TV dan Keuntungannya? Simak Penjelasannya Ini 

Membaringkan TV layar datar dapat membuatnya tidak lagi seimbang sehingga gravitasi dapat menarik ujung-ujungnya ke bawah dan berpotensi menyebabkan layar televisi retak.

Jangan pernah meremehkan risiko terbalik

TV layar datar jauh lebih ringan dibanding model TV sebelumnya. Meski begitu, meletakkan TV layar datar di rak atau kabinet tetap berbahaya, terutama bila memiliki anak kecil yang suka memanjat furnitur. Hal ini bisa berisiko membuat TV terbalik. 

Baca juga: 5 Cara Berbeda untuk Menempatkan TV di Hunian

Untuk itu, jika TV tidak dipasang di dinding, Anda harus memiliki dudukan TV yang kokoh dengan ukuran yang sesuai untuk TV.

Pencegahan paling tepat adalah menambatkan atau memasang TV ke dinding. Dengan demikian, Anda berhenti mengkhawatirkan TV layar datar terbalik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com