Kompas.com - 16/06/2021, 09:27 WIB
Ilustrasi panci besi cor. PIXABAY/ERNEST_ROYIlustrasi panci besi cor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Panci besi cor sangat bermanfaat untuk mengolah berbagai makanan, mulai dari menggoreng hingga memanggang. Panci jenis ini pun sangat kokoh dan bisa bertahan lama.

Namun, kekurangannya adalah panci jenis ini membutuhkan perawatan ekstra dibanding panci atau wajan lainnya.

Salah satu permasalahan yang kerap muncul pada panci besi cor adalah karat. Akan tetapi, tidak usah khawatir, ada cara menghilangkan karat dari panci besi cor dengan mudah.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Panci dan Wajan di Dapur agar Lebih Tertata

Dilansir dari Lifehacker, Rabu (16/6/2021), Anda hanya membutuhkan sedikit cuka putih, sedikit air, dan penggosok abrasif untuk membuat panci besi cor yang berkarat dan rusak berkilau seperti baru.

Cara menghilangkan karat pada panci besi cor

Pertama, campurkan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama. Biarkan panci besi cor terendam dalam campuran selama antara satu dan delapan jam, tergantung seberapa parah karatnya.

Terus periksa kondisi panci besi cor, karena membiarkan panci dalam cuka terlalu lama setelah karat terlepas akan mulai merusak besi cor itu sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah perendaman selesai, gosok perlahan karat dari panci besi cor dengan scrubber atau sabut penggosok. Anda dapat menggunakan sabut tembaga, atau pertimbangkan untuk menggunakan metode menggosok dengan garam untuk menghilangkan karat dan kotoran.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Panci Gosong, Pakai Garam hingga Beras

Apa pun yang Anda lakukan, pastikan Anda teliti, dan singkirkan karat sebanyak mungkin.



Sumber Lifehacker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.