Kompas.com - 16/06/2021, 13:17 WIB
Bawah setrika yang gosong bisa membuat pakaian yang disetrika menghitam dan sulit halus. SHUTTERSTOCK/DANIEL JEDZURABawah setrika yang gosong bisa membuat pakaian yang disetrika menghitam dan sulit halus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setrika yang digunakan terus-menerus untuk menyetrika berbagai jenis dan bahan pakaian, lama-kelamaan membuat elemen panas atau tapak setrika bisa memunculkan kerak.

Lapisan kerak pada tapak setrika ini membuat proses menyetrika menjadi terhambat dan  tidak bisa merapikan pakaian secara maksimal. 

Baca juga: Elemen Pemanas Setrika Kotor dan Lengket? Ini Cara Membersihkannya

Sebab itu, penting untuk memeriksa kondisi tapak setrika. Jika sudah tampak ada kerak,  kamu perlu segera membersihkannya. Membersihkan tapak setrika bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti garam

Nah, dikutip dari kanal YouTube Abay Taylor, Rabu (16/6/2021), berikut ini cara membersihkan tapak setrika yang berkerak menggunakan garam. 

Baca juga: 4 Cara Merapikan Pakaian Kusut dan Lecek Tanpa Setrika

Bahan yang perlu disiapkan

  • Garam halus
  • Kertas HVS bersih
  • Kain lap kering bersih

Cara membersihkan kerak pada tapak setrika 

Cara membersihkan tapak setrika yang berkerak cukup mudah. Anda tak perlu usaha keras untuk memberishkannya, hanya butuh ketelitian saja. Berikut ini cara membersihkan kerak di tapak setrika.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hindari, 5 Kesalahan dalam Menggunakan Setrika

Panaskan setrika ke suhu maksimal

Untuk proses membersihkan tapak setrika yang berkerak, kamu perlu menyalakan setrika dan putar pengaturan pemanasnya ke suhu maksimal. Diamkan setrika sampai benar-benar panas.

Letakkan kertas HVS

Sembari menunggu setrika panas maksimal, letakkan tiga sampai empat lembar kertas HVS pada alas yang rata. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Tapak Setrika Uap yang Kotor

Taburkan garam halus

Taburkan garam halus pada kertas HVS. Pastikan garam halus yang ditaburkan cukup untuk mengenai permukaan tapak setrika.

Gosok tapak setrika di atas garam halus

Setelah setrika panas maksimal, gosokan tapak setrika ke garam halus dan lakukan layaknya menyetrika pakaian. Pastikan semua tapak setrika mengenai garam halus agar kerak bisa dibersihkan maksimal. 

Baca juga: Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Setelah garam halus terlihat kotor, hal itu menandakan bahwa kerak yang menempel di tapak setrika sudah terlepas. Pastikan kerak sudah hilang sempurna dari tapak setrika.

Lap tapak setrika

Setelah tapak setrika digosokkan ke garam, matikan setrikaan. Setelah itu lap atau seka tapak setrika dengan kain lap kering yang bersih untuk membersihkan sisa kerak yang masih menempel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.