Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2021, 10:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan akan memberikan kebahagiaan dan keceriaan tersendiri di rumah. Selain membuat Anda bahagia, hewan peliharaan juga bisa menurunkan tingkat stres.

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan populer di dunia. Untuk memiliki anjing sebagai hewan peliharaan, sebaiknya Anda mengadopsi dan tidak membeli.

Sebelum mengadopsi anjing sebagai hewan peliharaan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut di antaranya, seperti dilansir dari Pet Helpful, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: 6 Cara Anjing Mengungkapkan I Love You pada Pemiliknya

1. Pastikan Anda siap

Membawa hewan peliharaan baru ke dalam rumah adalah komitmen besar. Pertimbangkan perubahan hidup apa yang bisa terjadi di masa depan dan apakah itu masih konsisten dengan memiliki hewan.

Hewan peliharaan baru membutuhkan perawatan, konsultasi rutin dengan dokter hewan, nutrisi yang tepat, olahraga, serta banyak waktu dan energi. Oleh sebab itu, pastikan Anda siap lahir dan batin. 

Ilustrasi anjing bermain di taman rumahUnsplash/Joe Caione Ilustrasi anjing bermain di taman rumah

2. Kenali ras anjing

Ras anjing yang berbeda akan memiliki tingkat energi, kemampuan bersosialisasi, dan sifat perilaku yang berbeda pula. Apakah Anda orang yang aktif dan atletis, serta senang berlari setiap hari dengan anjing Anda?

Apakah Anda berencana meluangkan waktu untuk melatih anjing Anda? Hal-hal semacam itu harus menjadi pertimbangan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Taman Rumah Menjadi Area Bermain yang Ramah bagi Anjing

3. Ajukan pertanyaan

Saat Anda melihat shelter atau pusat adopsi hewan peliharaan, ajukan pertanyaan. Apakah anjing yang akan Anda pilih memiliki masalah medis, misalnya.

Jika usia anjing sudah cukup tua, apakah ia sedang dalam pengobatan? Apakah anjing itu baik dengan manusia?

Apakah anjing tersebut ramah dengan anak-anak dan anjing lain? Semua pertanyaan itu akan membantu memastikan bahwa Anda membuat keputusan yang baik untuk diri sendiri dan masa depan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com