Kompas.com - 20/05/2021, 18:40 WIB
Ilustrasi anjing bermain di taman rumah Unsplash/Joe CaioneIlustrasi anjing bermain di taman rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan menjadi aktivitas yang menyenangkan, baik bagi anjing maupun pemiliknya.

Biasanya, pemilik anjing akan mengajak sahabat bulu mereka keluar rumah seperti mengelilingi kompleks atau mengitari wilayah di sekitar tempat tinggal. 

Baca juga: 5 Penyebab Anak Anjing Terus-menerus Kencing

Namun, sebetulnya, untuk mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan, tak perlu melangkah jauh ke luar rumah. Anda bisa mengajaknya berkeliling halaman atau taman belakang di rumah.

Malahan di taman rumah, anjing dapat dengan bebas, nyaman, dan aman berjalan atau berlari sepuasnya. Anda pun tak khawatir si anjing akan terserempet atau tertabrak kendaraaan. 

Baca juga: Bukan karena Melihat Hantu, Ini Alasan Anjing Melolong

Selain itu, di taman belakang rumah, Anda dapat melakukan kegiatan intim bersama anjing seperti membantu menstimulasi pikirannya, memperkuat ikatan dengannya, serta melatih semua perilakunya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, sebelum mengajak anjing bermain di taman rumah, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan agar anjing tidak bosan dan nyaman. Salah satunya, membuat taman menjadi area yang ramah bagi anjing. 

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal ini Saat Mengajak Anjing Berjalan-jalan

Melansir dari laman Martha Stewart, Kamis (20/5/2021), berikut ini lima cara membuat taman  rumah menjadi area bermain yang menyenangkan dan ramah bagi anjing. 

Menyediakan air dan tempat tinggal

Hal pertama yang harus dilakukan pemilik hewan untuk membuat taman yang ramah bagi hewan peliharaan adalah memastikan tersedia cukup air dan kandang yang teduh. 

Baca juga: Anjing-anjing Menggemaskan Ini Penampilannya Seperti Kain Pel

Air merupakan kebutuhan yang amat penting, terlebih saat cuaca panas. Kandang yang teduh juga dapat melindungi anjing dari panasnya sinar matahari. Selain itu, jangan meninggalkan anjing sendirian untuk waktu yang lama.

"Sebagai spesies yang sangat sosial, anjing mendambakan waktu dengan orang-orang sekitarnya dan dapat mengembangkan perilaku bermasalah jika dibiarkan terlalu lama," kata Rachel Maso, manajer senior untuk perilaku pusat adopsi di lembaga Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (ASPCA). 

Baca juga: Simak, Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memelihara Anak Anjing

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.