Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2020, 08:28 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing peliharaanmu adalah sahabatmu, maka wajar jika kamu ingin memanjakan mereka dengan menawarkan semua makanan dan suguhan yang lezat.

Namun, jika terlalu sering memberi makan lebih untuk anjing kesayanganmu, itu akan berdampak pada obesitas. Seperti halnya manusia, obesitas adalah masalah serius bagi teman berkaki empatmu itu.

Meski kamu menganggap anak anjing gemuk terlihat lucu dan menggemaskan, itu tidak sehat untuk mereka, sehingga kamu perlu menjadi pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab.

Baca juga: Cara Memotong Kuku Anjing yang Aman dan Nyaman

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, (5/12/2020), dalam artikel ini akan dibahas semua yang perlu kamu ketahui tentang obesitas pada anjing dan mengapa sangat penting untuk mencegah kondisi tersebut sebelum jauh berkembang.

Definisi obesitas

Menurut kamus Webster, obesitas didefinisikan sebagai suatu kondisi yang ditandai dengan penumpukan dan penyimpanan lemak yang berlebihan di dalam tubuh.

Faktanya, obesitas dapat sangat memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup anjingmu secara keseluruhan. Oleh karena itu, pencegahan obesitas sangatlah penting.

Para ahli percaya bahwa obesitas adalah penyakit paling umum yang dapat dicegah oleh anjing. Namun, diperkirakan 25-30 persen dari semua anjing diklasifikasikan mengalami obesitas.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Aman untuk Kucing dan Anjing

Artinya, ada lebih dari seperempat dari seluruh populasi anjing dikatakan obesitas. Selain itu, sekitar 40-45 persen anjing berusia antara 5 dan 11 tahun dianggap kelebihan berat badan.

Anjing kegemukan Vs obesitas

Dokter hewan mengklasifikasikan anjing kelebihan berat badan dan obesitas berdasarkan berat badan idealnya. Jika berat badan anjing 10-20 persen di atas berat badan idealnya, mereka dianggap kelebihan berat badan.

Jika berat badan anjing 20 persen atau lebih di atas berat badan idealnya, maka ia dianggap mengalami obesitas.

Obesitas tidak terjadi hanya dalam semalam, sehingga penting bagi setiap pemilik anjing melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau berat badan anjing mereka dan membuat perubahan pola makan serta gaya hidup yang sesuai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com