Kompas.com - 20/05/2021, 15:55 WIB
Ilustrasi ruang tamu Unsplash/Sidekix MediaIlustrasi ruang tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela di dalam ruangan menjadi sangat penting karena memiliki banyak fungsi. Mulai dari, pertukaran udara agar ruangan mendapat udara lebih segar, memberikan akses masuknya sinar matahari ke ruangan, dan menurunkan suhu udara ketika sedang panas dengan membukanya.

Semua ruangan di dalam rumah disarankan memiliki jendela. Hal ini tidak hanya untuk estetika, tapi juga kesehatan penghuni rumah. Salah satu ruangan yang harus memiliki jendela adalah ruang tamu

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Jendela dari Kotoran dan Debu

Menjadi ruangan sentral dengan aktivitas padat seperti menerima tamu, berkumpul dengan keluarga, atau menjadi tempat bersantai, membuat ruang tamu memerlukan jendela agar udara tetap sehat dan segar.

Namun, pada kenyataannya, tidak semua ruang tamu dilengkapi jendela yang memadai, terkadang ada beberapa rumah yang memiliki jendela cukup kecil atau jendela tidak bisa dibuka sepenuhnya. 

Baca juga: Ini Keuntungan Rumah Menggunakan Jendela Berengsel

Minimnya jendela di ruang tamu tentu membuat ruangan menjadi kurang pencahayaan atau terang. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa trik mendekorasi ruang tamu minim jendela agar tampak terang dilansir dari House Beautiful, Kamis (20/5/2021). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Furnitur berwarna terang 

Beberapa orang mungkin ragu meletakkan furnitur berwarna putih di dalam ruang tamunya, tapi hal ini dapat membuat ruangan tampak lebih terang dan lebih cerah. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruangan Tanpa Jendela agar Lebih Terang

Saat hendak membeli furnitur, cobalah merencanakan membeli beberapa item utama berwarna putih atau warna terang lainnya. 

Beberapa warna

Menggunakan beberapa warna pada elemen dekorasi lainnya seperti karpet dan bantal sofa akan memberikan getaran yang lebih menyenangkan dan hidup di dalam ruangan. 

Baca juga: Cara Sederhana Mendekorasi Jendela Rumah yang Ramah Anggaran

Namun, perlu diingat, hindari memilih warna yang terlalu banyak di dalam satu ruangan karena akan memberikan kesan penuh. 

Penuhi pencahayaan 

Tanpa jendela, Anda terpaksa membuat cahaya sendiri. Jadi, jangan takut berlebihan menggunakan lampu. 

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Cocok Diletakkan di Ambang Jendela Dapur

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.