Kompas.com - 01/02/2021, 21:06 WIB
Ilustrasi anjing Poodle. PIXABAY/ALEXAS_FOTOSIlustrasi anjing Poodle.

JAKARTA, KOMPAS.com — Anjing terkenal suka makan banyak hal, termasuk rumput. Jika kamu pernah melihat anjingmu makan rumput saat diajak jalan-jalan, berikut penjelasannya.

Dilansir dari Green Matters, Senin (1/2/2021), anjing yang suka memakan sesuatu yang bukan makanan didefinisikan sebagai pica. Rumah Sakit Hewan West Park, mengatakan bahwa anjing yang menunjukkan perilaku ini mengindikasikan beberapa masalah diantaranya, kekurangan vitamin, mineral, atau nutrisi.

Bisa juga anjing makan rumput untuk menambah serat, untuk membantunya mengeluarkan gas atau tinja.

Baca juga: Kenapa Anjing Tidak Mau Makan? Ini 5 Penyebabnya

Selain itu, anjing juga mungkin hanya menikmati rasa dan tekstur rumput. Anjing memiliki kesukaan seperti kita, dan rasa segar dari rumput sepertinya sering diinginkan oleh anjing.

Penyebab lain

Sebagai pemilik, kamu mungkin sudah berusaha memberikan anjingmu makanan yang seimbang. Namun perilaku makan rumput tetap dilakukan. Hal ini bisa saja terjadi karena satu hal yakni, naluri.

Anjing liar biasanya mendapatkan semua nutrisi dari memakan hewan apa saja yang mereka temui. Setiap kebutuhan makanan pada anjing akan dipenuhi oleh satu kali makan, termasuk serat atau nutrisi yang mereka peroleh dari memakan mangsa yang hampir semuanya merupakan pemakan rumput.

Menurut Vetstreet, anjing adalah omnivora, jadi makan rumput ini mungkin hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan primordial yang tidak terpenuhi. Satu penelitian melaporkan anjing jenis Pudel Mini, yang kerap memakan rumput karena alasan ini.

Baca juga: Anjing-anjing Menggemaskan Ini Penampilannya Seperti Kain Pel

Anjing akan makan rumput dan kemudian muntah setiap hari selama tujuh tahun, sampai pemiliknya memberi makan anjing pada diet tinggi serat.

Sedangkan, serat hanya ditemukan pada tumbuhan, daging dan produk hewani lainnya tidak mengandung serat. Untuk itu, kamu jangan lagi khawatir jika anjingmu makan rumput.

Apakah makan rumput berarti anjing kita sedang sakit?

Hanya karena anjing memakan rumput, bukan berarti dia sedang tidak sehat. Faktanya, menurut American Kennel Club, kurang dari 10 persen anjing tampak sakit sebelum makan rumput.

Makan rumput juga tidak selalu membuat anjing akan muntah. Diduga hanya sekitar 25 persen anjing yang muntah setelah memakan rumput.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X