Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2021, 17:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun tanaman hias yang rontok bisa menjadi masalah yang dapat membuat frustrasi lantaran sulit mendiagnosis penyebab serta cara mengatasinya.

Bagi sebagian tanaman, daun rontok bukan sebuah masalah dan hal normal. Sebab, daun pada bagian bawah tanaman akan mati dan rontok secara bertahap sebagai bagian siklus hidupnya. 

Baca juga: Bunga Tanaman Cabai Rontok? Ini 3 Penyebab Utamanya

Akan tetapi, seperti dilansir dari The Spruce, Kamis (20/5/2021), bila daun tanaman yang hijau dan sehat rontok sekaligus, bisa jadi ada beberapa hal tak sehat yang dialami tanaman. Berikut ini sederet penyebab daun tanaman rontok. 

Syok

Syok pada tanaman merupakan penyebab paling umum dari gugurnya daun. Keadaan ini paling sering disebabkan oleh perubahan kondisi secara tiba-tiba seperti saat tanaman hias dipindahkan dari luar ke dalam ruangan atau sebaliknya. 

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Masalah Bunga Rontok pada Tanaman Cabai

Keadaan ini biasanya merupakan respons terhadap perubahan dramatis pada suhu, kelembapan, tingkat cahaya atau kebiasaan menyiram. Tanaman yang paling sering mengalami syok adalah tanaman yang baru dipindahkan ke pot baru.

Sayangnya, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi syok selain berharap tanaman itu bertahan. Dalam kebanyakan kasus, syok adalah kondisi sementara. 

Baca juga: Buah Cabai Rontok dan Busuk? Lalat Buah Bisa Jadi Penyebabnya

Saat tanaman menyesuaikan diri dengan kondisi baru, kesehatannya akan berangsur-angsur kembali. Cara paling mudah mencegah tanaman syok saat memindahkan tanaman ke dalam atau luar ruangan adalah melakukan secara bertahap.

Misalnya, letakkan tanaman dari dalam ke luar ruangan beberapa jam saja, kemudian letakkan tanaman di dalam lagi. Lakukan cara ini pada hari berikutnya dengan waktu yang lebih panjang hingga tanaman dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. 

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Bunga Cabai Rontok

Kelembapan rendah

Ada beberapa tanaman yang tumbuh di lingkungan lembap. Ketika tanaman ditanam dalam kondisi ruangan yang kering, tanaman mungkin bereaksi dengan menjatuhkan daun.

Ini adalah respons alami karena tanaman berusaha mempertahankan kehilangan kelembapannya dengan mengurangi jumlah daun. 

Baca juga: Mengapa Tanaman Cabai Menguning dan Rontok? Ini Sebabnya

Cara mengatasinya, letakkan pot di atas tampah kerikil yang selalu basah dapat membantu tingkat kelembapan.

Kerusakan fisik

Tanaman yang berada di area dengan lalu lintas tinggi atau sering dibersihkan bagian daunnya terkadang akan merontokkan daunnya tanpa bisa dijelaskan.

Hewan peliharaan dan anak-anak yang menggosok tanaman juga dapat menyebabkan jatuhnya daun. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Hidup di Iklim Panas dan Kering

Untuk itu, coba pindahkan tanaman ke lokasi lalu lintas rendah atau naikkan ke ketinggian yang aman dari kontak.

Hama

Hama tertentu seperti kutu putih, tungau laba-laba, dan sisik dapat menyebabkan kerontokan daun. Periksa daun yang gugur dengan hati-hati untuk mengetahui tanda-tanda infestasi. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Dalam Ruangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com