Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2021, 16:52 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aglonema tumbuh kerdil menjadi hal yang ditakutkan setiap pemilik aglonema, terlebih bagi mereka yang susah payah dalam merawat tanaman hias ini. 

Aglonema yang tumbuh kerdil adalah satu dari sekian permasalahan yang dihadapi dalam merawat aglonema. Permasalahan ini harus siap dihadapi pekebun aglonema maupun tanaman hias lainnya. 

Baca juga: 3 Limbah Dapur Ini Dapat Dijadikan Pupuk Alami Aglonema

Bagi kamu yang merawat tanaman aglonema, tapi tidak mengetahui ciri-ciri aglonema tumbuh kerdil, simak artikel ini sampai selesai.  Dikutip dari channel YouTube Hobi Bunga, Kamis (29/4/2021), berikut ini ciri-ciri aglonema kerdil dan cara mengatasinya.

Ciri-ciri Aglonema Kerdil

1. Daunnya kerdil

Hal pertama yang dapat menjadi ciri aglonema kerdil terlihat dari daunnya. Aglonema kerdil memiliki daun dengan ukurannya tidak normal, cenderung begitu kecil. 

Baca juga: Cara Merawat Aglonema agar Subur dan Banyak Akar

Ketika tanaman aglonema memiliki daun dengan ukuran berbeda-beda satu sama lain dan mencolok, hal tersebut juga menjadi ciri aglonema kerdil. Selain itu, jarum daun aglonema yang kecil sekali juga dapat menjadi ciri aglonema kerdil yang bisa dilihat secara kasat mata.

2. Akarnya kerdil

Ciri aglonema kerdil itu bisa tampak dari akarnya. Namun, dalam hal ini, kamu perlu membongkar aglonema milikmu dari media tanam untuk melihat kondisi akarnya.

Ketika akarnya terlihat sangat kecil, itu menandakan akar tidak sehat dan merupakan ciri aglonema mengalami kerdil sekalipun terdapat banyak akar. Perlu diingat, meski tampilan aglonema terlihat kerdil, tetapi akarnya tidak kecil, maka aglonema tersebut tidak mengalami kerdil. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Aglonema Bisa Cepat Beranak

Akar tanaman aglonema kerdil memiliki warna yang cukup tua. Akar yang kerdil membuat penyerapan nutrisinya sudah tidak optimal sehingga tanaman aglonema tumbuh kerdil karena tidak bisa menyerap nutrisi secara maksimal.

Cara Mengatasi Aglonema Kerdil

1. Beri akar aglonema kerdil perangsang akar

Untuk mengatasi akar aglonema yang kerdil, kamu bisa memberi perangsang akar seperti vitamin B1, air bekas cucian beras, atau jika ingin cepat bisa menggunakan perangsang akar khusus seperti rapid root.

Rapid root bisa membuat akar menjadi lebih subur, sehat, juga membuat akar muda muncul terus. 

Baca juga: Benarkah Micin Tidak Baik Sebagai Pupuk Tanaman Aglonema?

2. Periksa media tanam

Jangan biarkan media tanam aglonema terlalu basah karena hal itu tidak cocok dan membuat aglonema rentan sakit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com