Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 17/01/2023, 10:55 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS. com - Untuk bisa membuat tanaman aglonema tumbuh subur dan terlihat begitu cantik, itu tidak hanya tentang cara merawatnya saja, tapi juga terkait dengan penggunaan media tanam.

Apabila aglonema yang telah Anda rawat dengan begitu cermat dan sesuai anjuran profesional, tapi mereka tidak tumbuh maksimal atau seperti yang diharapkan, mungkin ada yang salah pada media tanamnya.

Oleh karena itu, penggunaan media tanam untuk aglonema tidak bisa digunakan sembarang, karena ada bahan-bahan khusus untuk dijadikan sebagai media tanam aglonema.

Baca juga: Cara Menyingkirkan Kutu Sisik yang Menyerang Tanaman Aglonema

Ilustrasi tanaman hias aglonema genus atglaonema. Shutterstock/Elzloy Ilustrasi tanaman hias aglonema genus atglaonema.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bahan dan cara meracik media tanam aglonema, dikutip dari kanal Youtube Hobi Bunga. 

Dalam meracik media tanam aglonema, hal itu ditentukan berdasarkan ukuran aglonema itu sendiri, mulai dari anakan sampai aglonema indukan atau dewasa. Bahan-bahan racikan untuk media tanam aglonema ada tiga, antara lain sebagai berikut. 

1. Sekam lapuk

Bahan pertama untuk media tanam aglonema adalah menggunakan sekam yang sudah lapuk atau hampir hancur, jadi jangan gunakan sekam baru.

Penggunaan sekam baru yang dijadikan media tanam itu terlalu panas bagi aglonema. Oleh karena itu, pastikan menggunakan sekam yang sudah lapuk, tujuannya agar tidak terlalu panas dan cepat menyatu dengan tanah.

Baca juga: Cara Simpel untuk Membuat Daun Aglonema Mengilap

Selain itu, sekam lapuk juga bisa menambah unsur hara yang ada di dalam tanah kalau sudah jadi tanah.

2. Tanah

Bahan kedua untuk dijadikan media tanam aglonema adalah tanah. Kamu bisa menggunakan tanah biasa, bisa tanah apa saja yang ada disekitar rumahmu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com