Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2021, 18:49 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang mengoleksi tanaman aglaonema atau aglonema, kamu mungkin menginginkan aglonema milikmu bisa cepat beranak atau muncul tunas anakan dan subur.

Jika kamu ingin aglonema milikmu cepat memiliki tunas anakan dan tumbuh subur, maka proses pemupukannya menjadi salah satu faktor terpenting.

Untuk membuat aglonema cepat beranak dan tumbuh subur, kamu perlu mengaplikasikan salah satu pupuk khusus, yakni pupuk Growmore.

Baca juga: Ini Bahan dan Cara Meracik Media Tanam untuk Aglonema

Dilihat dari kanal Youtube Tinie Redho, Selasa (16/3/2021), pupuk yang digunakan untuk membuat aglonema cepat beranak adalah menggunakan pupuk Growmore dengan komposisi 32-10-10.

Pupuk growmore 32-10-10 sendiri merupakan pupuk daun yang diproduksi oleh Amerika Serikat darn distribusikan oleh Nusa Tani di Jakarta.

Pupuk ini sudah legal karena mendapatkan perizinan dari Kementerian Pertanian RI. Pupuk growmore 32-10-10 adalah pupuk majemuk, artinya mempunyai lebih dari satu kandungan unsur hara.

Maksud dari komposisi 32-10-10 ini adalah petunjuk kandungan yang ada di dalamnya, yakni kandungan nitrogen 32 persen, fosfor 10 persen, dan kalium 10 persen.

Baca juga: Cara Menyingkirkan Kutu Sisik yang Menyerang Tanaman Aglonema

Kalau dilihat dari kadar nitrogennya yang 32 persen, berarti pupuk ini berguna untuk pertumbuhan vegetatif. Sedangkan fosfor dipergunakan untuk pertumbuhan akar dan batang.

Unsur kalium digunakan untuk pertumbuhan generatif atau pembungaan. Pecinta aglonema biasanya menginginkan tanaman aglonemanya berdaun lebat dan mempunyai tunas anakan yang banyak, sehingga disarankan menggunakan pupuk growmore 32-10-10 ini.

Karena pupuk ini mengandung kadar nitrogen yang berguna untuk pertumbuhan vegetatif yang sangat besar, hal itu dapat menumbuhkan daun dan tunas anakan lebih cepat.

Berikut ini tata cara pengaplikasian pupuk growmore 32-10-10 untuk mempercepat anakan tunas dan membuat subur aglonema.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com