Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2021, 11:20 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan kesalahan dalam merawat tanaman hias, termasuk aglonema seringkali terjadi bagi setiap pemula yang mulai ikut terjun dalam dunia berkebun.

Beberapa kesalahan yang dilakukan seorang pemula dalam merawat tanaman aglonema terkadang bukan hal yang disengaja, lebih kepada kurangnya pengetahuan maupun pemahaman.

Umumnya, seorang pemula akan menganggap kalau tata cara perawatan tanaman aglonema yang mereka lakukan itu benar, meski kenyataannya tidak benar atau keliru.

Baca juga: Pupuk yang Paling Ampuh untuk Aglonema agar Cepat Beranak dan Subur

Apabila kamu merupakan seorang pemula dalam merawat aglonema, berikut ini 6 kesalahan dalam merawat tanaman aglonema yang biasa dilakukan oleh pemula, dilihat dari kanal Youtube Hobi Bunga, Senin (22/03/2021).

1. Penyiraman air yang berlebihan

Kekeliruan pertama yang biasa dilakukan pemula dalam merawat aglonema adalah melakukan penyiraman secara berlebihan atau terlalu banyak.

Jadi, menyiram aglonema itu tidak perlu terlalu banyak airnya, apalagi sampai membuat banjir ke bawah.

Penyiraman aglonema itu cukup membasahi bagian dari media tanam, tidak harus semuanya dan sampai banjir ke bawah media tanam, karena hal itu akan membuat nutrisi di media tanam malah terbuang percuma.

Baca juga: Ini Bahan dan Cara Meracik Media Tanam untuk Aglonema

Jadi lakukan penyiraman secukupnya saja dan dilakukan 3 hari sekali, atau kalau memang cuaca lagi panas kamu bisa menyiramnya dua hari sekali.

2. Terlalu sering menyiram

Jadi, selain kuantitas penyiraman air yang tidak boleh berlebihan, jangan lakukan penyiraman air setiap hari pada tanaman aglonema.

Kalau penyiraman aglonema dilakukan setiap hari, hal itu malah akan membuat metan menjadi terlalu lama basah dan akhirnya berakibat pada akarnya membusuk dan batangnya menjadi lonyot.

3. Penyemprotan yang keliru

Penyemprotan tanaman aglonema juga kerap keliru dan dilakukan tidak pada waktu yang dianjurkan. Penyemprotan daun aglonema sebaiknya dilakukan setiap hari, tapi pada jam-jam tertentu, jadi waktunya tidak sembarangan.

Penyemprotan dilakukan pada saat pagi dan sore hari, pada pagi hari itu sebaiknya di bawah pukul 8 pagi, karena pada saat itu stomata daun sedang terbuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com