Kompas.com - 22/03/2021, 08:44 WIB
Ilustrasi interior rumah. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi interior rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain rumah Anda dapat berdampak signifikan pada kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Sebuah ruang yang membuat Anda merasa nyaman mencerminkan secara positif aspek-aspek lain dalam hidup Anda, dan praktik feng shui dari Tiongkok kuno telah diterapkan dengan tujuan ini selama ribuan tahun.

"Feng shui benar-benar seni yang merayakan sains," kata Gabrielle Santiago, seorang desainer interior dan pakar feng shui yang tinggal di Los Angeles yang dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (22/3/2021).

Baca juga: 7 Cara Mudah Menerapkan Feng Shui di Rumah

Tujuannya untuk mencapai keharmonisan dan keseimbangan antara manusia dan lingkungannya. Feng shui, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "angin dan air," secara historis digunakan untuk memilih tempat dan waktu yang menguntungkan untuk membangun rumah, menanam tanaman, dan kegiatan penunjang kehidupan lainnya.

Filosofinya didasarkan pada elemen tanah, logam, air, kayu, dan api, yang semuanya dapat direpresentasikan melalui berbagai bentuk, warna, dan bahan di seluruh rumah.

Keseimbangan yang tepat membantu menumbuhkan ruang yang bahagia dan teratur yang mendukung kesejahteraan dan kehidupan sehari-hari kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu faktor feng shui terpenting adalah chi, atau energi, dalam sebuah ruangan. Joanna Lily Wong, ahli feng shui dan kepala Ennate Design & Development, menyarankan untuk memikirkan chi seperti aliran air, yang dapat berkisar dari diam hingga deras.

Baca juga: Aturan Feng Shui di Kamar agar Tidur Semakin Lelap

"Di ruangan besar di mana tidak ada banyak furnitur, energi mengalir masuk seperti banjir, yang dapat membuat Anda merasa tersesat dan tidak tahu harus pergi ke mana," kata Wong.

Sebaliknya, ruangan kecil yang dipenuhi dengan terlalu banyak perabotan tidak memberikan energi yang cukup untuk bergerak, sehingga menimbulkan perasaan tersendat. Untuk menumbuhkan perasaan harmonis di rumah Anda sendiri, cobalah cara sederhana ini untuk menggabungkan feng shui.

Singkirkan kekacauan

Menurut filosofi, kekacauan yang berlebihan dapat menghambat aliran energi di rumah Anda.

"Jika Anda merasa lelah, depresi, tidak termotivasi, atau sesak, chi di rumah Anda mungkin terlalu lambat," sebut Santiago.

 

Gunakan solusi pengorganisasian yang membantu Anda meminimalkan kekacauan, terutama di sekitar lorong seperti pintu dan lorong. Singkirkan semua hal yang membuat terlihat berantakan dan yang menghalangi jalan saat Anda melewati rumah, serta hilangkan barang-barang yang tidak diperlukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.