Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hilangkan Noda Berkerak di Keran Air Kamar Mandi

Kompas.com - 29/04/2021, 15:41 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat noda yang menempel di keran kamar mandi? Biasanya, noda tersebut akan sulit hilang walau sudah dibersihkan dengan berbagai cairan pembersih.

Dilansir dari laman Hunker, Kamis (29/4/21), noda pada keran krom disebabkan oleh banyaknya mineral alami dalam air sadah. Mineral ini terdiri atas kalsium, magnesium, dan besi. 

Baca juga: Keran Dispenser Bocor? Begini Cara Memperbaikinya

Partikel besi dapat membentuk noda berwarna karat pada keran, sedangkan partikel kalsium dan magnesium biasanya membentuk residu putih berkerak pada permukaan keran. Jika noda air ini tidak dihilangkan, dapat menodai keran krom secara permanen.

Namun, tak perlu khawatir, noda air dapat dihilangkan dari keran krom dengan membersihkannya menggunakan bahan dan peralatan rumah tangga sederhana. Nah, berikut ini langkah membersihkan noda pada keran air

Baca juga: Ketahui, Penyebab Air di Semua Keran Dispenser Menjadi Panas

Langkah Pertama 

Campurkan cuka putih dan air dalam jumlah yang sama dalam mangkuk. Cuka putih mengandung tingkat keasaman yang tinggi, yang efektif menghilangkan noda di sebagian besar permukaan. 

Langkah Kedua 

Rendam handuk kertas tebal di dalam larutan cuka dan air. Bungkus keran air krom menggunakan handuk kertas tersebut dan biarkan selama beberapa menit untuk menghilangkan noda.  

Baca juga: Simak, Ini Pilihan Keramik Kamar Mandi Anti Licin

Langkah Ketiga 

Buka bungkus handuk kertas dari keran serta bilas keran hingga bersih dengan air. Keringkan keran krom dengan kain lembut. 

Langkah Keempat 

Bersihkan noda kerak kapur yang disebabkan oleh mineral air sadah menggunakan produk pembersih dengan mengikuti petunjuk produsen. 

Baca juga: Trik Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Harus Diketahui

Langkah Kelima 

Cobalah menggunakan pembersih asam kuat dengan asam klorida encer sebagai bahan untuk menghilangkan noda air pada keran. Gunakan pembersih asam dengan mengikuti semua petunjuk yang diberikan oleh produsen. Jangan mencampurnya dengan produk pembersih lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com