Kompas.com - 20/05/2021, 16:20 WIB
Ilustrasi tisu menyerap cairan pada wajan. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi tisu menyerap cairan pada wajan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi menu favorit bagi sebagian orang, nasi goreng kerap dihidangkan saat sarapan maupun jadwal santap makan lainnya di rumah.

Penyajiannya yang mudah membuat menu ini menjadi andalan ketika lapar melanda. Akan tetapi, memasak nasi goreng kerap meninggalkan sisa nasi yang lengket, bahkan gosong pada wajan atau penggorengan setiap kali memasak. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Wajan Gosong dan Berkerak

Melansir Southern Living, Kamis (20/5/2021), sisa nasi yang menempel di wajan akan sulit dibersihkan jika dibiarkan terlalu lama.

Namun, tak perlu khawatir, ada cara yang mudah untuk membersihkan wajan gosong menggunakan bahan alami. Berikut ini tiga bahan alami membersihkan wajan gosong. 

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Gosong Tanpa Perlu Digosok

Cuka 

Salah satu cara paling umum membersihkan makanan gosong dari dasar wajan adalah menambahkan campuran 50:50 air dan cuka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membersihkannya, tuang campuran air dan cuka di atas wajan, kemudian letakkan wajan di atas kompor dengan api sedang dan biarkan hingga mendidih. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan dan Panci Gosong, Pakai Cuka dan Baking Soda

Bekas nasi gosong perlahan akan melunak, lalu bersihkan wajan menggunakan sabun cuci piring dan spons untuk menghilangkan serpihan hitam yang tersisa. 

Lemon 

Lemon juga bisa membantu menghilangkan bekas nasi gosong di dasar wajan. Caranya, potong beberapa lemon kemudian masukkan ke wajan bersama air dan didihkan di atas kompor. 

Baca juga: Wajan Gosong? Bersihkan dengan Bahan-bahan di Dapur Ini

Tingkat keasaman yang tinggi pada lemon dapat melunakan sisa nasi yang gosong tersebut. Selanjutnya, gunakan sabun dan spons cuci piring untuk menghilangkan butiran yang tersisa serta bilas hingga bersih. 

Baking Soda 

Soda kue atau baking soda dapat menghilangkan sisa nasi gosong di dasar wajan. Buat campuran baking soda dengan cuka dan air. 

Baca juga: 6 Kesalahan Merawat Wajan dan Panci Stainless Steel

Kombinasi ini akan membantu melarutkan sisa nasi gosong yang melekat. Campur ketiga bahan hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan ke dasar wajan yang gosong dan biarkan selama beberapa menit.

Setelahnya, bilas menggunakan air dan sabun cuci piring untuk membersihkan kotoran atau gosong yang masih menempel.  



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X