Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2021, 12:17 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Lupa bahwa kamu sedang memanaskan sesuatu di panci dan wajan membuat makanan jadi gosong dan lengket.

Terlebih karena makanan kemudian mengering yang membuatnya semakin sulit dibersihkan dari panci dan wajan milikmu.

Sebenarnya, ada cara mudah menghilangkannya yakni, dengan merendam air panci dan wajan dengan makanan yang gosong. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang lama.

Baca juga: 4 Cara Mudah Bikin Wajan Berkilau Lagi

Untuk kamu yang ingin panji dan wajanmu segera bersih, berikut adalah cara membersihkan wajan dan panci dari makanan yang gosong seperti dilansir dari Housewife How To’s, Jumat (12/2/2021).

Langkah 1: Air,  cuka, dan sabun cuci piring 

Tambahkan air dan cuka putih ke dalam wajan, bersama dengan sedikit cairan pencuci piring. Ini akan membantu melonggarkan ikatan antara makanan yang gosong dan panci atau wajan milikmu.

Kamu tidak perlu mengisi wajan penuh dengan air. Secangkir cuka dan air untuk menutupi kotoran sudah cukup untuk membuat panci. Panci atau wajan besar mungkin membutuhkan lebih banyak.

Langkah 2: Didihkan

Meskipun kamu tidak menyadarinya saat memasak, panci dan wajan logam mengembang saat panas. Saat mengembang, makanan masuk ke "pori-pori" logam. Saat wajan yang gosong mendingin, makanan menempel di permukaan saat logam berkontraksi.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Panci dan Wajan Keramik agar Tahan Lama

Untuk itu ketika kamu kembali memanaskan wajan, air dan cuka bisa berada di antara makanan yang dimasak dan logam dan mulai mengangkatnya.

Teteskan satu atau dua tetes cairan pencuci piring yang akan membantu melarutkan ikatan antara makanan yang dibakar dan panci logam.

Langkah 3: Korek panci dengan lembut

Saat berurusan dengan panci atau wajan berkerak dan hangus yang dilapisi dengan makanan yang terbakar, kamu tentu ingin segera mencucinya dengn sabut gosok atau sabut baja. Namun hal ini akan menyebabkan kerusakan permanen pada panci dan wajan milikmu.

Jadi, saat air di wajan mendidih di atas kompor, gunakan sendok kayu atau spatula karet untuk mengikis perlahan bagian yang terbakar dari dasar wajan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com