Kompas.com - 07/02/2021, 13:22 WIB
Ilustrasi anak anjing. PIXABAY/3194556Ilustrasi anak anjing.

JAKARTA, KOMPAS.com — Anak anjing memang terlihat sangat menggemaskan. Ketika melihat matanya di pet shop atau di shelter penampungan, hati kita tentu luluh dan ingin membawanya pulang sebagai hewan peliharaan.

Untuk kamu yang juga tertarik merawat seekor anak anjing sebagai sahabat, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan menurut Wonderwall seperti dikutip pada Minggu (7/2/2021). 

1. Bersihkan rumah

Bersihkan rumah dan ciptakan lingkungan yang aman untuk hewan peliharaan. Anjing memiliki hidung yang sensitif dan desinfektan dengan bau menyengat, mungkin akan membahayakan kesehatan jika mereka menelan racun berbahaya ini.

Baca juga: Ternyata, Anjing Juga Bisa Merasa Sedih dan Menangis

Untuk itu pilihlah pembersih dengan bahan natural yang aman untuk anjing kecilmu.

2. Kandang

Kandang menjadi tempat yang aman saat kita tak bisa mengawasi anjing kecil. Namun yang perlu diingat, anak anjing tidak boleh dibiarkan di dalam kandang selama lebih dari 2 jam.

3. Pagar penghalang

Blokir area seperti dapur dan balkon, yang berisiko bagi keselamatan anjing. Atau gunakan ini untuk melatih mereka buang air di rumah, walaupun tak selalu sukses, karena anjing kecil belum terlalu memahami cara mengontrol kandung kemihnya.

4. Makanan anak anjing

Selalu periksa daftar bahannya. Anak anjing harus mengonsumsi makanan khusus anak anjing agar mendapat nutrisi yang cukup. Makanan murah berarti bahan-bahan murah. Siapkan juga camilan yang mengandung bahan-bahan berkualitas.

Baca juga: Risiko Memberi Tulang Mentah pada Anjing Menurut Dokter Hewan

5. Alat makan

Anak anjing makan dan minum dengan mangkuk. Ini harus dicuci secara teratur untuk menghindari penumpukan bakteri.

6. Tali dan kalung berpengait

Kamu bisa memesan kalung berpengait dengan menambahkan nama anjing sebagai liontin. Kamu juga bisa membelinya sekaligus dengan tali yang bisa dikaitkan dengan kalung untuk mengajak anak anjing berjalan-jalan.

7. Selimut atau tempat tidur

Selimut atau tempat tidur perlu disediakan agar lebih nyaman dan menjaga anak anjing tetap aman.

Halaman:


Sumber wonderwall
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X