Kompas.com - 03/02/2021, 09:44 WIB
Ilustrasi anjing memakan tulang. PIXABAY/JEANETTE1980Ilustrasi anjing memakan tulang.

 

JAKARTA, KOMPAS.comAnjing dikenal sangat menyukai tulang, tapi bagaimana dengan tulang mentah? Berikut penjelasannya.

Untuk diketahui, anjing mengunyah tulang untuk menghilangkan stres dan untuk melawan sakit gigi saat masih kecil. Karena fakta inilah beberapa pemilik anjing ingin memberi peliharaan mereka dengan tulang mentah.

Namun, apakah ini aman untuk anjing?

Baca juga: Pernah Lihat Anjing Makan Rumput? Ini Penjelasannya

Dilansir dari Popsugar, Rabu (3/2/2021), dokter hewan Maureen Murithi mengungkapkan pendapatnya. Menurut Murithi, tak masalah membeli sahabat berbulumu tulang mentah selama itu adalah tulang yang segar.

Kamu juga harus memerhatikan saat anjing memakannya, pastikan agar anjing tidak memecahnya menjadi beberapa bagian.

Ras yang lebih besar seperti anjing gembala jerman, mastiff, dan rottweiler perlu mengunyah tulang besar yang tidak bisa ditelan utuh.

“Karena alasan ini, tulang tidak boleh masuk sepenuhnya ke dalam mulut anjing. Saya juga akan menghindari tulang di mana rahang bawah bisa masuk ke bagian dalam tulang,” ujar dokter hewan Stacy Choczynski Johnson.

Baca juga: Kenapa Anjing Tidak Mau Makan? Ini 5 Penyebabnya

Murithi menambahkan, tulang mentah justru lebih aman untuk diberikan pada anjing ketimbang tulang yang sudah dimasak atau diasapi.

“Proses memasaknya membuatnya lembut, rapuh, dan mudah pecah. Serpihan tulang bisa (membuat anjing) tersedak atau melukai kerongkongan, lambung, atau usus,” ujar Murithi.

Tulang bagian mana yang terbaik untuk anjing?

"Tulang mentah terbaik untuk anjing biasanya lunak, berlubang, dan mengandung segala bentuk jaringan ikat seperti tulang rawan," kata Dr. Murithi.

"Tulang unggas lebih disukai, termasuk sayap, leher, kaki, dan tulang punggung,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Popsugar
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X