Kompas.com - 07/02/2021, 11:20 WIB
ilustrasi dapur PIXABAY/GIOVANNIGARGIULOilustrasi dapur

JAKARTA, KOMPAS.com — Dapur adalah jantung rumah tangga. Di ruang inilah semua makanan untuk keluarga besar disiapkan. Makanan sehat yang dibuat diharapkan membuat keluarga menjadi sehat dan kuat.

Namun sayangnya, beberapa hal di dapur justru berpotensi membuatmu menjadi sakit.

Berikut adalah sepuluh hal di dapur yang bisa membuatmu menjadi sakit, seperti dilansir The Spruce, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: 9 Bumbu Dapur yang Cocok Ditanam di Pot

1. Mengolah makanan yang tidak tepat

Salah satu bahaya kesehatan terbesar di dapur adalah pengolahan makanan yang tidak tepat. Jika makanan tidak dimasak dan ditangani dengan aman, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan penyakit bawaan makanan yang bisa mengganggu pencernaan hingga kematian.

Beberapa kesalahan yang biasa dilakukan saat mengolah makanan:

- Makanan yang kurang matang

Makanan harus diolah dengan suhu yang tepat yang diperlukan untuk membunuh bakteri. Kuning telur, sushi, atau adonan kue mentah yang encer sangat berbahaya bagi anak kecil atau siapa pun dengan sistem kekebalan yang lemah.

- Memasak dengan suhu yang salah

Suhu makanan yang tidak tepat akan mengundang bakteri, ragi, dan jamur untuk berkembang biak. Makanan panas harus disimpan di atas 60 derajat celsius.

Baca juga: 5 Tips Aman Memasak dengan Kompor Gas

Ini termasuk makanan yang sedang dicairkan atau diasinkan. Jangan pernah meninggalkan makanan ini di atas meja untuk waktu yang lama. Cairkan perlahan di lemari es atau lebih cepat di microwave dan gunakan dengan segera.

- Tidak mencuci produk segar

Semua produk segar harus dicuci sebelum dimakan atau digunakan dalam memasak untuk menghilangkan bakteri dan pestisida.

- Mencuci daging mentah

Daging mentah tidak boleh dicuci sebelum dimasak. Mencuci atau membilas daging mentah di bak cuci akan menyebarkan bakteri ke wastafel dan meja dapur.

Memasak dengan suhu yang tepat akan membunuh bakteri yang berpotensi berbahaya.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X