5 Tips Aman Memasak dengan Kompor Gas

Kompas.com - 25/11/2020, 18:35 WIB
Ilustrasi memasak ShutterstockIlustrasi memasak

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak dengan kompor gas memang praktis, namun Anda juga perlu berhati-hati. Sebab, ada beragam risiko yang bisa muncul, mulai dari kebocoran pada tabung gas hingga ledakan dan kebakaran.

Maka dari itu, cermatlah ketika memasak dengan kompor gas. Perhatikan kondisi api, kompor gas, dan tabung gas, serta perhatikan juga perangkat masak yang digunakan, misalnya panci atau wajan.

Dilansir dari Architecture Lab, Rabu (25/11/2020), berikut ini sejumlah tips aman memasak dengan kompor gas.

Baca juga: Kenali 4 Tanda Tabung Gas Bocor

1. Atur api

Nyala api di kompor gas dapat dengan mudah dikendalikan dengan memutar kenop dan mengaturnya antara rendah, sedang, dan tinggi.

Pastikan api tidak melebihi bagian bawah peralatan masak yang diletakkan di atas tungku. Selain itu, hanya nyalakan kompor gas ketika akan memasak.

Membiarkan kompor gas dan api menyala tanpa pengawasan atau saat tidak memasak akan menyebabkan risiko kebakaran. Jika api tidak langsung muncul setelah kompor dinyalakan, matikan kompor dan tunggu sejenak.

Bila kondisi ini terus terjadi, kompor mungkin tersumbat dan mungkin perlu dibersihkan.

Baca juga: Kompor Gas Tidak Mau Menyala? Ini Penyebab dan Solusinya

2. Rutin bersihkan kompor

Kompor gas di rumah pastilah sering digunakan dan bertahan selama bertahun-tahun. Namun demikian, jangan pernah lupa untuk membersihkannya.

Salah satu penyebab munculnya risiko dalam penggunaan kompor gas adalah keteledoran dan minimnya perawatan.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kompor setiap kali usai digunakan. Bersihkan tungkunya dengan cara dicuci menggunakan air yang dicampur sabun cuci piring.

Bila ada kotoran atau serpihan makanan di tungku atau lubang munculnya api, gunakan tusuk gigi atau benda tajam seperti pisau untuk membersihkannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X