Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2021, 15:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang ingin memelihara anjing, memilih ras anjing atau jenis anjing yang cocok bisa menjadi tantangan tersendiri. Ini termasuk penampilan anjing, baik yang berbulu panjang maupun berbulu pendek.

Dari sekian banyak ras anjing, ada beberapa yang penampilannya seperti kain pel. Maksudnya, bulu anjing tersebut sangat lebat dan panjang, mirip sekali dengan kain pel.

Dilansir dari Reader's Digest, Minggu (24/1/2020), efek bulu seperti kain pel terjadi secara alami pada beberapa anjing dan dapat berkembang pada anjing lain. Untuk anjing pel alami, lapisan bawah dan lapisan atas bergabung saat mereka tumbuh membentuk "tali" bundar seperti kain pel.

Baca juga: 7 Makanan yang Tak Boleh Diberikan ke Anjing, Salah Satunya Tulang

Anjing lainnya yang penampilannya seperti kain pwl memiliki bulu keriting yang terbuat dari rambut, bukan bulu, yang secara alami akan bergabung untuk membentuk tekstur seperti kain. Saat dipisahkan dari kulit, rambut dapat tumbuh menjadi seperti kain pel.

Anjing yang mantel bulunya seperti kain pel biasanya tidak perlu dimandikan lebih dari 2-3 kali setahun. Pun mereka tidak perlu disikat, tetapi memisahkan tali pel secara teratur sangat penting untuk memastikan rambut anjing Anda tidak terikat.

Berikut ini beberapa anjing yang penampilannya mirip kain pel.

1. Komondor

Ketika Anda memikirkan anjing yang terlihat seperti kain pel, kecantikan berbulu lebat ini mungkin yang pertama muncul di kepala Anda. Komondor adalah jenis anjing Hungaria kuno, dibesarkan untuk menjaga domba dari serangan serigala dan pemburu.

Ilustrasi anjing Komondor. PIXABAY/HELLVIOLET Ilustrasi anjing Komondor.

Bulu mereka yang menyerupai tali seperti kain pel yang menggemaskan melindungi mereka dari musim dingin yang keras di Hungaria dan gigi tajam predator.

Sebagai anjing penjaga, Komondor sangat mandiri dan protektif terhadap keluarganya, namun naluri menjaga mereka cenderung curiga pada orang asing. Komondor adalah pilihan yang baik untuk keluarga yang berpengalaman memiliki anjing dengan anak yang lebih besar, karena anjing ini membutuhkan banyak olahraga.

Bulu Komondor yang seperti kain pel terjadi secara alami. Bulu mulai menggumpal sekitar 9 atau 10 bulan.

Memisahkan rumpun bulunya membuat bulu tumbuh menjadi tali kain pel yang membuat anjing ini begitu menggemaskan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com