Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memelihara Anak Anjing

JAKARTA, KOMPAS.com — Anak anjing memang terlihat sangat menggemaskan. Ketika melihat matanya di pet shop atau di shelter penampungan, hati kita tentu luluh dan ingin membawanya pulang sebagai hewan peliharaan.

Untuk kamu yang juga tertarik merawat seekor anak anjing sebagai sahabat, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan menurut Wonderwall seperti dikutip pada Minggu (7/2/2021). 

1. Bersihkan rumah

Bersihkan rumah dan ciptakan lingkungan yang aman untuk hewan peliharaan. Anjing memiliki hidung yang sensitif dan desinfektan dengan bau menyengat, mungkin akan membahayakan kesehatan jika mereka menelan racun berbahaya ini.

Untuk itu pilihlah pembersih dengan bahan natural yang aman untuk anjing kecilmu.

2. Kandang

Kandang menjadi tempat yang aman saat kita tak bisa mengawasi anjing kecil. Namun yang perlu diingat, anak anjing tidak boleh dibiarkan di dalam kandang selama lebih dari 2 jam.

3. Pagar penghalang

Blokir area seperti dapur dan balkon, yang berisiko bagi keselamatan anjing. Atau gunakan ini untuk melatih mereka buang air di rumah, walaupun tak selalu sukses, karena anjing kecil belum terlalu memahami cara mengontrol kandung kemihnya.

4. Makanan anak anjing

Selalu periksa daftar bahannya. Anak anjing harus mengonsumsi makanan khusus anak anjing agar mendapat nutrisi yang cukup. Makanan murah berarti bahan-bahan murah. Siapkan juga camilan yang mengandung bahan-bahan berkualitas.

5. Alat makan

Anak anjing makan dan minum dengan mangkuk. Ini harus dicuci secara teratur untuk menghindari penumpukan bakteri.

6. Tali dan kalung berpengait

Kamu bisa memesan kalung berpengait dengan menambahkan nama anjing sebagai liontin. Kamu juga bisa membelinya sekaligus dengan tali yang bisa dikaitkan dengan kalung untuk mengajak anak anjing berjalan-jalan.

7. Selimut atau tempat tidur

Selimut atau tempat tidur perlu disediakan agar lebih nyaman dan menjaga anak anjing tetap aman.


8. Perlengkapan mandi

Anjing perlu dimandikan mungkin sekali seminggu, tergantung pada tingkat aktivitas. Kamu bisa membeli sampo yang sesuai dengan jenis bulu dan kondisi anjing.

Selai itu, kamu juga bisa membeli sikat dan pasta gigi khusus.

9. Mainan

Dapatkan tekstur yang berbeda untuk stimulasi mental anjing. Kamu juga bisa membelikan anjing mainan kunyah untuk mencegah si doggy mengunyah sprai, sandal atau kaki meja.

10. Kunjungan ke dokter

Sebelum membawa pulang, tanyakan terlebih dahulu riwayat kesehatan anak anjing juga terkait vaksin. Kunjungi dokter sesaat setelah kamu membawa anak anjing pulang.

Tanyakan pada dokter tentang vaksin apa yang diperlukan dan terkait masalah kesehatan lain yang mungkin bisa menjangkiti anak anjing.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/07/132200576/simak-hal-yang-harus-dipersiapkan-sebelum-memelihara-anak-anjing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke