Salin Artikel

5 Cara Membuat Taman Rumah Menjadi Area Bermain yang Ramah bagi Anjing

Biasanya, pemilik anjing akan mengajak sahabat bulu mereka keluar rumah seperti mengelilingi kompleks atau mengitari wilayah di sekitar tempat tinggal. 

Namun, sebetulnya, untuk mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan, tak perlu melangkah jauh ke luar rumah. Anda bisa mengajaknya berkeliling halaman atau taman belakang di rumah.

Malahan di taman rumah, anjing dapat dengan bebas, nyaman, dan aman berjalan atau berlari sepuasnya. Anda pun tak khawatir si anjing akan terserempet atau tertabrak kendaraaan. 

Selain itu, di taman belakang rumah, Anda dapat melakukan kegiatan intim bersama anjing seperti membantu menstimulasi pikirannya, memperkuat ikatan dengannya, serta melatih semua perilakunya. 

Namun, sebelum mengajak anjing bermain di taman rumah, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan agar anjing tidak bosan dan nyaman. Salah satunya, membuat taman menjadi area yang ramah bagi anjing. 

Melansir dari laman Martha Stewart, Kamis (20/5/2021), berikut ini lima cara membuat taman  rumah menjadi area bermain yang menyenangkan dan ramah bagi anjing. 

Menyediakan air dan tempat tinggal

Hal pertama yang harus dilakukan pemilik hewan untuk membuat taman yang ramah bagi hewan peliharaan adalah memastikan tersedia cukup air dan kandang yang teduh. 

Air merupakan kebutuhan yang amat penting, terlebih saat cuaca panas. Kandang yang teduh juga dapat melindungi anjing dari panasnya sinar matahari. Selain itu, jangan meninggalkan anjing sendirian untuk waktu yang lama.

"Sebagai spesies yang sangat sosial, anjing mendambakan waktu dengan orang-orang sekitarnya dan dapat mengembangkan perilaku bermasalah jika dibiarkan terlalu lama," kata Rachel Maso, manajer senior untuk perilaku pusat adopsi di lembaga Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (ASPCA). 

Pasang pagar

Anjing secara alami memiliki sifat penasaran. Anjing akan berkeliaran di lingkungan sekitar rumah jika penghalang fisik seperti pagar tidak ada.

“Pagar fisik dianjurkan, apalagi jika Anda berencana melepaskan tali kekang pada anjing,” ucap Maso. 

Menggunakan pagar mungkin tidak menjaga anjing sepenuhnya, tetapi ini memberikan batasan yang jelas bagi kebanyakan anjing. Pilih pagar yang aman dan sesuai untuk anjing.

Tak hanya itu, luangkan waktu melatih anjing agar tidak meninggalkan halaman, kecuali Anda telah memberikan izin.  

Sediakan tempat untuk digali

Anjing suka menggali tanah, hamparan bunga, dan tanah di bawah pagar. Untuk menghindari perilaku ini, beri mereka alternatif yang lebih baik.

Maso menyarankan memberikan area bermain pasir lembut untuk anjing yang suka menggali. Hal ini akan membuat mereka sibuk dan menjauhkan dari rumput dan tanaman. 

“Anda dapat menyembunyikan mainan dan camilan di sekitar taman untuk ditemukan anjing. Hal ini juga dapat memberikan stimulasi mental dan olahraga bagi anjing.” 

Tanam tumbuhan yang tidak beracun

Keberadaan tanaman dan bunga di taman tentu menambah keindahan sekaligus keasrian. Namun, penting memperhatikan jenis tanaman yang aman bagi anjing. Sebab, ada beberapa jenis tanaman tertentu yang beracun bagi anjing dan hewan peliharaan lainnya. 

ASPCA menyediakan daftar tanaman yang aman dan berbahaya bagi anjing. Bunga beracun seperti azalea, butterfly irises, dan aster. Tanaman ini dapat membuat anjing sakit.

Sebagai gantinya, tanam bunga seperti baby's breath, aster Afrika, dan bunga jagung di taman rumah. Dengan menanam, tumbuhan yang aman, Anda telah melindungi anjing seandainya mereka memakan bunga secara tidak sengaja. 

Bangun arena bermain

Langkah selanjutnya membuat taman yang ramah untuk anjing peliharaan adalah menyediakan arena bermain untuk hiburan anjing. Mulai dari, perlengkapan ketangkasan anjing, peralatan jungkat-jungkit, hingga terowongan merangkak.

Taman yang dibuat banyak permainan ini dapat membantu anjing mengekspresikan perilaku alaminya seperti menggali, menggonggong, juga berlari di lingkungan yang aman dan terkendali. 

Selain itu, menjaga taman agar tidak menjadi zona bencana bagi anjing saat bosan. "Untuk anjing yang suka menambah tinggi badan, bangku atau set slide plastik anak bisa menjadi tambahan yang menyenangkan di halaman,” ucap Maso.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/20/184000676/5-cara-membuat-taman-rumah-menjadi-area-bermain-yang-ramah-bagi-anjing

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.