Kompas.com - 20/05/2021, 18:06 WIB
AC kerap jadi solusi menyejukkan hunian panas di perkotaan. THINKSTOCKPHOTOSAC kerap jadi solusi menyejukkan hunian panas di perkotaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasang dan menyalakan air conditioner atau AC masih menjadi solusi terbaik untuk menyejukkan udara di sebuah ruangan

Demi mendapatkan suhu yang sejuk, sudah banyak penghuni rumah yang memasang AC di beberapa ruangan di rumah. 

Baca juga: 7 Kesalahan yang Membuat Tagihan AC Meningkat

Sayangnya, banyak orang yang justru melakukan kebiasaan buruk saat menggunakan AC sehingga berpengaruh pada tagihan listrik yang membengkak.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (20/5/2021), berikut ini kebiasaan buruk dalam menggunakan AC yang membuat tagihan listrik membengkak. 

Baca juga: 7 Cara Menjauhkan Rasa Panas di Kamar Tidur Tanpa Kipas Angin dan AC

Suhu diatur 16 derajat Celsius terus-menerus

Suhu AC yang diatur menjadi 16 derajat Celsius dalam rentang waktu yang lama adalah kebiasaan yang sangat buruk. Hal ini bisa menyedot listrik yang cukup besar tanpa henti sebelum AC dimatikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat menyalakan AC dalam jangka waktu yang lama, suhu yang direkomendasikan adalah di atas 23 sampai 27 derajat Celsius. 

Baca juga: Tips Menyalakan dan Mematikan AC Tanpa Remote

Sekali pun kamu tidak keberatan dengan biaya listrik yang mahal, AC yang suhunya diatur menjadi 16 derajat Celsius dapat membuat kinerja mesin kompresor bekerja begitu keras tanpa henti.

Pada akhirnya tak hanya membuat biaya listrik menjadi mahal, tapi juga membuat AC cepat rusak dan tidak awet. 

Baca juga: Simak, Tips Membersihkan AC di Tengah Pandemi

Terlalu sering buka-tutup ruangan ber-AC

Ruangan ber-AC harus tertutup rapat, baik pintu maupun jendela. Sebab, pintu atau jendela yang sering dibuka-tutup bisa membuat AC sulit mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang diatur.

Karena ruangan sering terbuka, akhirnya membuat AC juga harus bekerja keras untuk mendinginkan ruangan sehingga mempengaruhi biaya listrik. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghemat Daya Listrik AC

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.