Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal Sederhana yang Bisa Mempercantik Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 23/05/2021, 08:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda bosan dengan tampilan interior rumah, jangan langsung buru-buru merencanakan renovasi. Hal-hal kecil dan sederhana ternyata dapat mengubah tampilan interior rumah menjadi lebih cantik dan mewah.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda merenovasi rumah. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menjadikan rumah Anda lebih cantik.

Baik Anda sedang merenovasi atau hanya ingin menyegarkan ruangan, berikut delapan cara cerdas untuk mempercantik rumah, seperti dikutip dari Home Beautiful, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: 6 Warna Khas yang Digunakan Dalam Desain Interior Skandinavia

1. Pencahayaan

Pencahayaan memiliki efek transformatif di rumah. Gunakan pencahayaan yang benar dan Anda akan melihat perbedaan yang signifikan.

Mengambil pendekatan pencahayaan berlapis dengan menggabungkan lampu meja dan lampu lantai dengan pencahayaan di atas kepala memberikan kesan yang dramatis.

Lampu gantung yang menarik pun membuat pernyataan desain yang kuat dan menciptakan titik fokus di ruangan. Gunakan kesempatan ini untuk mengekspresikan kepribadian Anda dan tambahkan sentuhan menyenangkan ke rumah.

2. Koleksi

Banyak dari kita mengumpulkan benda-benda tertentu sebagai koleksi dan menyimpannya di belakang lemari. Akan tetapi, mengelompokkan hal-hal serupa bersama-sama dapat terlihat luar biasa dan menjadi daya tarik di sebuah ruangan.

Baca juga: Cat Interior dan Cat Eksterior, Apa Bedanya?

Benda koleksi tidak hanya memberikan dampak visual, tetapi juga memberi cerita dan memasukkan kepribadian Anda ke dalam suatu ruang.

3. Keramik

Keramik kamar mandi atau keramik dinding dapur bisa memberi kesan megah dan memberi kohesi pada ruang. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, hindari mosaik dan pilih gaya sederhana seperti keramik gaya subway.

4. Benda seni

Banyak dari kita berpikir bahwa Anda harus menghabiskan banyak uang untuk benda seni agar rumah Anda terlihat bagus. Namun, ada banyak cara terjangkau untuk mengisi rumah dengan karya seni.

Salah satu cara untuk mengubah ruangan adalah dengan membuat galeri mini di dinding dengan koleksi yang berbeda, termasuk fotografi, wallpaper atau tekstil berbingkai, dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com