Kompas.com - 16/06/2021, 14:23 WIB
Ilustrasi serai atau sereh yang hendak diolah. SHUTTERSTOCK/ Maharani afifahIlustrasi serai atau sereh yang hendak diolah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah momok bagi banyak orang. Selain mengganggu, nyamuk juga jadi sumber penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria.

Kamar tidur merupakan tempat yang biasanya menjadi sarang nyamuk. Selain lembap, nyamuk di kamar tidur juga diakibatkan ruangan yang gelap hingga baju kotor.

Baca juga: Cara Menanam Serai di Halaman Rumah, Bisa Cegah Nyamuk

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kamar tidur tidak menjadi sarang nyamuk, salah satunya menggunakan serai

Tanaman ini dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronela sebagai obat nyamuk semprot.

Baca juga: Ragam Hal yang Membuat Anda Sering Digigit Nyamuk di Rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, melansir dari kanal YouTube Selayang Pandang Channel, Rabu (16/06/2021), berikut ini cara mengusir nyamuk di kamar tidur dengan serai.

Bahan-bahan

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Kasur dengan Lotion Anti Nyamuk

Cara Membuat

  • Kupas kulit terluar serai, lalu bersihkan dan cuci dengan air mengalir. Pastikan tidak ada bagian serai yang kotor atau terkena tanah.
  • Siapkan wadah mika yang sudah dilubangi pada bagian permukaannya. Lubangi mika sebanyak-banyaknya agar aroma batang serai bisa tercium.
  • Iris batang serai tipis-tipis menggunakan pisau dan talenan sebagai alasnya.
  • Masukkan irisan batang serai ke wadah mika yang sudah dilubangi.
  • Tutup wadah mika hingga rapat agar irisan batang serai tidak berserakan.
  • Selanjutnya, letakkan irisan batang serai di sudut-sudut kamar yang gelap dan lembap atau wilayah sarang nyamuk.
  • Nantinya, irisan batang serai ini akan menjadi perangkap nyamuk sehingga nyamuk akan terperangkap ke dalam serai. Setelah sebulan, ganti irisan batang serai lama dengan yang baru agar lebih efektif mengusir nyamuk.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X