Kompas.com - 20/03/2021, 16:19 WIB
Ilustrasi serai, sereh. PIXABAY/STI300PIlustrasi serai, sereh.

JAKARTA, KOMPAS.com —  Serai adalah salah satu tanaman herbal yang tumbuh paling cepat. Batang paling sering digunakan dalam masakan tradisional untuk menambah rasa pada kaldu, sup, tumisan.

Bagian putih pada batang memiliki rasa yang paling kuat. Biasanya, saat digunakan untuk memasak, bagian batang bawahnya ini digeprek terlebih dahulu untuk semakin mengeluarkan aromanya.

Sedangkan daun hijau di bagian ujungnya memiliki rasa yang lebih lembut yang cocok untuk membuat teh serai.

Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Tanaman Herbal yang Dibenci Kecoak

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa fakta tentang serai atau lemongrass terkait jenis hingga cara menanamnya sendiri di rumah, seperti dilansir dari Better Homes and Gardens, Sabtu (20/3/2021).

Jenis

Ada dua varietas umum dari serai. Yang pertama, serai India Barat (Cymbopogon citratus) tumbuh dengan mudah di segala iklim hangat.

Yang kedua, serai India Timur (Cymbopogon flexuosus) memiliki semburat ungu pada batangnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Iklim

Serai tumbuh subur dalam kondisi pertumbuhan yang hangat dengan tanah yang dikeringkan dengan baik dan tahan kekeringan sehingga tidak membutuhkan banyak air. Kamy bisa menanam serai di dalam pot atau kebun tanaman herbal, tetapi serai juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk bedeng taman.

Baca juga: Tanaman Herbal yang Bisa Mengusir Tikus, Apa Saja?

Tanaman serai tumbuh subur di segala kondisi tetapi menyukai kehangatan jadi pastikan mereka mendapatkan cukup sinar matahari.

Tanaman serai akan terlihat bagus di pot dan di taman. Serai dapat tumbuh hingga tinggi 1,2m dan lebar 80 cm, jadi pastikan kamu memberi mereka ruang untuk tumbuh.

Cara menanam serai

Kamu bisa menanam serai melalui tiga cara.

Pertama, kamu bisa membeli biji serai yang membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk berkecambah. Taburkan benih dengan kedalaman 5cm dan dengan jarak 50cm.

Kedua, kamu bisa memperbanyak serai dari memotongnya dan menanam di tanah.

Ketiga, kamu dapat membeli serai dan menggunakannya sesuai keinginan. Ingatlah bahwa kamu harus mencabut batang dari tanah untuk digunakan dalam memasak, jadi jangan gunakan semuanya sekaligus.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X