Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Cerdas Memisahkan Ruang pada Rumah Berkonsep Terbuka

Kompas.com - 30/04/2021, 18:29 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kurun waktu cukup lama, desain rumah atau ruang terbuka telah memberi manfaat baru dalam kehidupan penghuni rumah saat ini.

Definisi dari konsep ruang terbuka adalah desain yang menggabungkan dua atau lebih ruangan tanpa menggunakan sekat atau pembatas antarruang sehingga memunculkan kesan lebih luas. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Wujudkan Dapur Terbuka pada Hunian

Meski ruang terbuka memberi tampilan ruangan yang terlihat cerah dan luas, dibutuhkan banyak perencanaan tata ruang untuk menghindari tabrakan ruangan karena campur aduk furnitur dan barang-barang lainnya.

Untungnya, ada banyak cara membatasi masing-masing ruang sambil menambahkan gaya dan fungsionalitas. Dilansir dari Home and Decor, Jumat (30/4/2021), berikut delapan cara cerdas memisahkan ruang pada rumah berkonsep terbuka dengan apik. 

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Ruang Dapur Terbuka

Gunakan Karpet

Jika suka mengubah keadaan sesekali, karpet atau permadani adalah cara terbaik untuk menentukan masing-masing ruang yang berbeda sekaligus menjaga agar tetap fleksibel.

Shermaine Ong dari MOW Interior menuturkan bahwa rruang keluarga adalah tempat terbaik untuk karpet besar karena menjadi alas sofa dan secara keseluruhan menarik tampilan yang nyaman secara keseluruhan.

Tips: Karpet runner sangat bagus untuk merapikan koridor kosong. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Memiliki Karpet di Rumah

Rak Dua Arah

Rak dua arah (saling berhadapan) yang fleksibel dan praktis, yang dapat dibuat khusus atau dibeli secara individual, adalah cara bagus menciptakan ruang pajangan untuk pernak-pernik sambil membantu membagi ruangan.

Ini juga membiarkan cahaya dari ruang lain masuk serta menawarkan penghuni rumah untuk mengintip ke ruang lainnya.

Tips: Padu padankan rak dengan tinggi dan ukuran berbeda untuk menciptakan tampilan berlapis. 

Baca juga: Mana yang Layak Dipilih, Rak Dapur Terbuka atau Lemari Dapur Tertutup?

Tanaman

Mungkin ini pilihan paling fleksibel. Tanaman adalah pembatas ruang yang menyenangkan secara estetika, bahkan membersihkan udara di sekitarnya.

Gantung sebaris tanaman pakis di plafon atau buat pot tanaman yany ditegakkan dengan ketinggian berbeda-beda. Jika kamu memilih tanaman hidup, pertimbangkan pemeliharaannya.

Tips: Pakis, sukulen, pohon palem bambu, ficus hingga janda bolong, serta beberapa tanaman herba bisa menjadi pilihan yang sesuai. 

Baca juga: 10 Tanaman yang Mampu Usir Udara Berbahaya di Dalam Ruangan

Setengah Dinding

Ini bertindak sebagai detail arsitektur yang menarik karena memisahkan ruang tanpa menutupnya dari cahaya dan pemandangan bagian rumah lainnya.

Membangun setengah dinding juga memberikan tingkat privasi serta dapat menggabungkan rak untuk buku dan barang-barang lainnya tanpa membanjiri ruang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com