Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 15:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com- Memilih karpet sebagai tambahan dekorasi pada ruangan menjadi pilihan yang baik. Sebab, selain menjadikan ruangan semakin berwarna, karpet juga memiliki manfaat lain seperti sebagai peredam suara dan memberikan kenyamanan di lantai yang keras. 

Namun, hal yang patut diketahui adalah karpet baru yang langsung dipasang tanpa dicuci dapat membawa bau yang menyengat. Hal ini karena banyak bahan kimia yang digunakan dalam proses pembuatan karpet. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Memiliki Karpet di Rumah

Dilansir dari Hunker, Jumat (30/4/21), beberapa bahan alas karpet, perekat, dan bantalan mengandung bahan kimia yang mudah menguap serta mengeluarkan gas atau berubah menjadi asap saat terkena udara.

Bahan kimia ini mudah menguap atau VOC, yang dapat menyebabkan asma dan gejala mirip alergi seperti masalah pernapasan bagi mereka yang sensitif. Meski dapat hilang dengan sendirinya, bahan kimia dalam karpet harus secepatnya dihilangkan. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda di Karpet dengan 8 Bahan Ini

Untuk mempercepat prosesnya, bisa dengan udara segar dan penghilang bau alami guna menjaga udara di rumah tetap bersih serta sehat. Berikut ini lima cara menghilangkan bau pada karpet baru demi mencegah masalah pernapasan.  

Buka Semua Jendela 

Buka semua jendela di ruangan tempat karpet baru dipasang serta jendela di kamar yang berdekatan. Hal ini bertujuan agar udara segar masuk dan mengusir bau menyengat dan bahan kimia dalam karpet. 

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Jendela dari Kotoran dan Debu

Nyalakan Kipas 

Nyalakan semua kipas langit-langit di ruang berkarpet dan area sekitarnya. Tempatkan kipas kotak di jendela ruangan berkarpet, posisikan untuk menarik udara keluar dari ruangan. Hidupkan kembali kipas selama satu hari hingga beberapa hari.

Kipas angin kotak di ruangan yang berdekatan dapat menarik udara segar sehingga membantu menyegarkan udara di rumah selama proses ini. 

Baca juga: 8 Jenis Kipas Angin Listrik dan Kegunaannya yang Harus Kamu Tahu

Soda Kue

Taburkan soda kue di atas karpet setidaknya sekali seminggu dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Soda kue membantu menyerap bau karpet baru yang tertinggal. Mungkin perlu waktu berbulan-bulan agar semua bau kimiawi menghilang sepenuhnya.  

Gunakan Penyedot Debu 

Bersihkan soda kue dengan penyedot debu menggunakan pengaturan vakum yang sesuai dengan tinggi serat karpet. Jika memungkinkan, gunakan penyedot debu dengan filter HEPA untuk membantu mencegah bau menyaring kembali ke udara. 

Baca juga: Mengepel Lantai dengan Cuka, Ini Manfaat dan Caranya

Cuka

Tempatkan mangkuk cuka di dalam ruangan saat bau bahan kimia karpet tercium kuat. Biarkan mangkuk semalaman untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap. Jauhkan mangkuk dari jangkauan hewan peliharaan dan anak kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com