Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 17:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi tempat yang sering digunakan, terlebih ketika Ramadan. Dapur menjadi bagian terpenting untuk menyiapkan berbagai sajian makanan untuk berbuka dan santap sahur.

Dilansir dari Marthastewart, Jumat (30/4/21), dapur adalah salah satu tempat di rumah yang paling banyak menghasilkan bau. Bau ini bersumber dari berbagai hal. 

Baca juga: Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Lemon, Cuka, dan Soda Kue

Mulai dari, penumpukan di saluran pembuangan, permukaan wastafel, talenan, hingga bahan makanan yang terlalu banyak dan berakhir kedaluwarsa atau basi di dalam kulkas.

Untuk menghilangkan bau tak sedap di berbagai tempat atau benda di dapur, Anda bisa menggunakan soda kue atau baking soda. Soda kue merupakan bahan abrasif yang lembut, tapi sangat efektif membersihkan noda yang menempel di semua permukaan benda dapur. 

Lantas, bagaimana cara memanfaatkannya? Berikut ini beberapa cara membersihkan benda-benda di dapur menggunakan baking soda

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tidak Bau, Pakai Cuka dan Baking Soda 

Kulkas

Baking soda yang diletakkan dalam kulkas membantu menyerap bau tak sedap di dalamnya, tapi harus diketahui bahwa soda kue harus diganti setiap 30 hari sekali. Hal ini untuk menjaga agar makanan tetap terasa lebih segar dan tahan lama. 

Wastafel 

Menumpuk sisa makanan di permukaan wastafel bisa menghasilkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, taburkan baking soda di wastafel, gunakan spons untuk mengikis dan mengelap bagian samping dan bawah, lalu bilas dengan air panas hingga bersih.  

Baca juga: Cara Membersihkan Saluran Air yang Tersumbat dengan Baking Soda

Pembuangan Sampah Wastafel

Untuk membersihkan pembuangan sampah di wastafel, alirkan air panas ke saluran pembuangan selama beberapa menit, lalu tuangkan setengah cangkir soda kue. Setelah beberapa menit, alirkan lebih banyak air panas untuk membilas pembuangan.

Untuk daya pembersihan ekstra, tambahkan beberapa potong lemon ke tempat pembuangan, lalu bilas dengan air dingin. Jika ingin menambahkan lebih banyak potongan lemon ke dalam tempat sampah, gunakan es batu sambil dialiri air dingin. Dengan cara ini, pembuangan wastafel Anda bisa lebih segar. 

Baca juga: Gunakan Semprotan Baking Soda untuk Atasi Jamur pada Tanaman

Talenan 

Gunakan soda kue untuk membersihkan talenan kayu atau plastik. Caranya, buat pasta dari soda kue dan air, lalu gosok talenan dengan campuran tersebut. Bilas bersih dengan air panas.  

Panci dan Wajan 

Baking soda juga dapat digunakan sebagai pembersih efektif untuk panci dan wajan yang kotor serta berbau. Taburkan soda kue di atas wajan dan campurkan dengan air panas untuk membuat pasta. Biarkan pasta menempel di area yang kotor selama satu jam, kemudian bersihkan dengan spons. Minyak atau makanan akan langsung hilang. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan dan Panci Gosong, Pakai Cuka dan Baking Soda

Jika metode utama memasak menggunakan microwave, taburi bagian dalamnya dengan soda kue dan lap bersih untuk menghilangkan bau makanan. 

Tempat Sampah 

Untuk menghilangkan bau di tempat sampah, Anda dapat menggunakan soda kue. Sebelum menggunakan baking soda, cuci bersih tempat sampah terlebih dahulu, kemudian taburkan soda kue pada spons dan seka tempah sampah. 

Baca juga: 6 Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian

Setelah memasukkan plastik baru ke wadah tempat sampah, tambahkan sedikit soda kue ke untuk mencegah bau secara efektif. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com