Kompas.com - 13/03/2021, 11:55 WIB
Ilustrasi baking soda atau soda kue. PIXABAY/NATUREFRIENDIlustrasi baking soda atau soda kue.

JAKARTA, KOMPAS.com - Soda kue atau baking soda adalah bahan makanan yang dapat bekerja secara ajaib pada saluran pembuangan yang bau dan tersumbat.

Penyumbatan paling umum di saluran pembuangan dapur berasal dari lemak makanan, minyak, dan kotoran. Untuk saluran pembuangan di kamar mandi, rambut dan sampah dari produk pembersih tubuh menjadi penyebab penyumbatan.

Soda kue, atau natrium bikarbonat, adalah senyawa mineral alami. Bubuk yang sedikit basa, dapat melarutkan endapan mineral dan bahan organik seperti minyak, yang komposisinya sedikit asam.

Baca juga: Gunakan Semprotan Baking Soda untuk Atasi Jamur pada Tanaman

Selain itu, soda kue memiliki sedikit sifat disinfektan yang dapat melawan bakteri dan jamur penyebab bau. Ketimbang bahan pembersih saluran berbasia kimia, soda kue lebih aman.

Menggunakan pembersih saluran kimia memiliki banyak kekurangan. Bahan-bahan tersebut tidak dijamin dapat melarutkan penyumbatan.

Selain itu, bahan kimia kaustik dapat sangat berbahaya bagi kulit, bahkan dapat menyebabkan luka bakar yang serius.

Daripada menggunakan produk kimia kaustik untuk membuka penyumbatan saluran pembuangan, cobalah salah satu teknik soda kue buatan sendiri yang mudah ini, dilansir dari The Spruce, Sabtu (13/3/2021).

Baca juga: Cara Menggunakan Baking Soda untuk Hilangkan Bau pada Pakaian

Seberapa sering harus membersihkan saluran air?

Setiap minggu, siram saluran dengan air mendidih yang dicampur dengan sabun cuci piring anti minyak. Bersihkan saluran pembuangan dengan soda kue segera setelah kamu melihat air mengalir perlahan.

Kamu juga dapat menggunakan proses ini sebagai metode perawatan rutin untuk saluran air di rumahmu.

Peralatan dan bahan yang kamu butuhkan

  • Corong
  • 2 sampai 4 gelas air mendidih
  • Sabun cuci piring
  • 1 hingga 2 cangkir soda kue
  • 1 cangkir cuka putih suling
  • Setengah angkir garam

Instruksi

Ikuti langkah-langkah ini saat kamu melihat saluran air berjalan lambat.

1. Panaskan air mendidih

Panaskan air mendidih dalam panci di atas kompor atau dalam gelas ukur besar yang dapat dituang di dalam microwave.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X