Kompas.com - 13/03/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi ruang keluarga sempit. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi ruang keluarga sempit.

JAKARTA, KOMPAS.com — Warna cat pada hunian akan menentukan bagaimana mood kita. Psikolog Lingkungan, Lee Chambers, pun mengungkap bagaimana warna cat bisa memengaruhi mood ceria dari kita yang tinggal di dalamnya.

Warna-warna cerah seperti, kuning dan oranye dikenal langsung bisa meningkatkan mood, namun yang mengejutkan, warna abu-abu dan ungu yang terkesan kalem juga masuk dalam warna yang bisa mebangkitkan mood menjadi lebih ceria.

Untuk kamu yang sedang mencari warna cat yang cocok, berikut adalah rekomendasi warna cat rumah yang bisa tingkatkan mood menurut psikolog, seperti dikutip dari House Beautiful, Sabtu (13/3/2021). 

Baca juga: Menurut Ahli, Jangan Pilih Warna Abu-abu untuk Ruang Kerja di Rumah

1. Hijau

Hijau disebut sebagai warna dinding paling populer di Instagram. Warna ini populer karena dinilai mampu memberikan rasa segar yang dapat membantu menjernihkan pikiran.

Jika kamu ingin meningkatkan kesejahteraan pada tahun 2021, cobalah menggunakan rona alami ini.
“Hijau bisa sangat merangsang bagi mereka yang berjuang untuk pertumbuhan pribadi karena secara tidak sadar mengingatkan kita pada alam,” ujar Chambers. 

2. Abu-abu

Abu-abu disebut sebagai warna dinding terpopuler kedua, setelah hijau, dan merupakan pilihan dari banyak rumah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Abu-abu memberikan suasana yang segar yang dikenal dapat meningkatkan produktivitas,” ucap Chambers.

Jika kamu berencana untuk mendekorasi menggunakan warna abu-abu ini, hindari mengecat setiap dinding dengan warna abu-abu.

Baca juga: Ingin Mengaplikasikan Warna di Dapur? Simak Triknya

“Warna yang terlalu gelap dapat membuat lingkungan (terasa) sendu, dan menciptakan suasana hati yang lebih menyedihkan,” kata Chambers. 

Kamu bisa memberi aksen warna abu-abu pada karpet atau tirai. Atau jika ingin menggunakan warna tembok abu-abu, kamu bisa memberikan warna lain, merhah misalnya, sebagai variasi pada tiang, atau salah satu dinding.

3. Biru

Warna berikutnya adalah biru. Menurut Chambers, warna ini bisa menenangkan dan membuatmu merasa aman.

Namun, seperti halnya abu-abu, corak tertentu dapat membangkitkan unsur dingin dan sedih. 

Memasukkan warna biru tak harus pada tembok saja. Kamu bisa menambahkan sentuhan dekorasi biru yang pada tirai atau pajangan, entah itu patung atau guci.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X