Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Saluran Air yang Tersumbat dengan Baking Soda

JAKARTA, KOMPAS.com - Soda kue atau baking soda adalah bahan makanan yang dapat bekerja secara ajaib pada saluran pembuangan yang bau dan tersumbat.

Penyumbatan paling umum di saluran pembuangan dapur berasal dari lemak makanan, minyak, dan kotoran. Untuk saluran pembuangan di kamar mandi, rambut dan sampah dari produk pembersih tubuh menjadi penyebab penyumbatan.

Soda kue, atau natrium bikarbonat, adalah senyawa mineral alami. Bubuk yang sedikit basa, dapat melarutkan endapan mineral dan bahan organik seperti minyak, yang komposisinya sedikit asam.

Selain itu, soda kue memiliki sedikit sifat disinfektan yang dapat melawan bakteri dan jamur penyebab bau. Ketimbang bahan pembersih saluran berbasia kimia, soda kue lebih aman.

Menggunakan pembersih saluran kimia memiliki banyak kekurangan. Bahan-bahan tersebut tidak dijamin dapat melarutkan penyumbatan.

Selain itu, bahan kimia kaustik dapat sangat berbahaya bagi kulit, bahkan dapat menyebabkan luka bakar yang serius.

Daripada menggunakan produk kimia kaustik untuk membuka penyumbatan saluran pembuangan, cobalah salah satu teknik soda kue buatan sendiri yang mudah ini, dilansir dari The Spruce, Sabtu (13/3/2021).

Seberapa sering harus membersihkan saluran air?

Setiap minggu, siram saluran dengan air mendidih yang dicampur dengan sabun cuci piring anti minyak. Bersihkan saluran pembuangan dengan soda kue segera setelah kamu melihat air mengalir perlahan.

Kamu juga dapat menggunakan proses ini sebagai metode perawatan rutin untuk saluran air di rumahmu.

Peralatan dan bahan yang kamu butuhkan

  • Corong
  • 2 sampai 4 gelas air mendidih
  • Sabun cuci piring
  • 1 hingga 2 cangkir soda kue
  • 1 cangkir cuka putih suling
  • Setengah angkir garam

Instruksi

Ikuti langkah-langkah ini saat kamu melihat saluran air berjalan lambat.

1. Panaskan air mendidih

Panaskan air mendidih dalam panci di atas kompor atau dalam gelas ukur besar yang dapat dituang di dalam microwave.


2. Tuang air mendidih dan sabun pencuci piring ke lubang saluran air

Teteskan sedikit sabun cuci piring anti minyak ke saluran pembuangan dan tuangkan air mendidih ke saluran pembuangan dengan hati-hati. Sabun cuci piring akan membantu melarutkan sumbatan berminyak.

3. Tuang soda kue ke saluran pembuangan

Tuang 1 cangkir soda kue ke dalam saluran pembuangan. Kamu dapat menggunakan gelas pengukur untuk melakukan ini atau menggunakan corong jika saluran pembuanganmu lebih kecil.

4. Tuang cuka ke saluran pembuangan

Tuang satu cangkir cuka putih suling ke saluran pembuangan. Jangan kaget dengan reaksi suara yang terjadi. Soda kue adalah zat alkali dan cuka adalah asam asetat ringan.

Ketika keduanya dicampur, mereka bereaksi agak dramatis untuk menetralkan satu sama lain dan aksi mendesis yang kamu dengar adalah reaksi yang akan sering mengeluarkan sumbatan di saluran pembuanganmu.

5. Tunggu dan rebus air

Setelah desisnya mereda, tunggu lima menit. Gunakan waktu ini untuk memanaskan 2 gelas air hingga mendidih.

6. Siram dengan air panas

Bilas saluran dengan air mendidih. Jika saluran pembuangan mengering, jalankan air keran panas. Jika tidak menguras tenaga, ulangi langkah-langkahnya.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu membersihkan saluran dalam waktu yang lama, kamu mungkin perlu mengulang pembilasan soda kue setidaknya 2 kali.

Cara membersihkan saluran air yang tersumbat dengan garam dan soda kue

Jika metode soda kue dan cuka tidak menyumbat saluran, selanjutnya gunakan metode garam dan soda kue.

Ini bekerja paling baik jika kamu melakukannya tepat sebelum waktu tidur, karena saluran pembuangan tidak akan digunakan sampai pagi.

1. Tuang soda kue ke saluran pembuangan

Tuang 1 cangkir soda kue ke saluran yang tersumbat.

2. Tuang garam ke saluran pembuangan dan tunggu

Masukkan soda kue dengan ½ cangkir garam yang dituangkan ke saluran pembuangan. Biarkan campuran ini berada di saluran pembuangan selama beberapa jam, paling baik semalaman.

3. Siram dengan air mendidih

Panaskan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah itu tuang air mendidih ke saluran pembuangan.


4. Siram dengan air keran

Jika saluran mulai mengering, lanjutkan menyiram dengan air keran panas.

Tips untuk menjaga saluran pembuangan lebih lama bersihnya

1. Selalu gunakan keranjang saringan di saluran air untuk mencegah partikel rambut dan makanan mengalir ke saluran pembuangan.

2. Jangan pernah menuangkan minyak atau cairan berminyak ke saluran pembuangan.

3. Saat memasak makanan berminyak atau berlemak, seka peralatan masak dengan tisu dapur sebelum mencucinya, agar lemak atau minyak tidak banyak terbuang percuma untuk membentuk penyumbatan.

4. Tambahkan air mendidih secara teratur dengan sabun cuci piring anti minyak ke saluran pembuangan untuk mencegah penumpukan sumbatan berminyak.

5. Segarkan saluran pembuanganmu dengan menambahkan ½ cangkir soda kue ke saluran pembuangan dan diamkan semalaman, lalu bilas dengan air panas atau cuka panas di pagi hari.

6. Metode soda kue dan cuka serta soda kue dan garam dapat digunakan untuk membersihkan dan menyegarkan pembuangan sampahmu.

Untuk menghilangkan bau saat dibuang, kurangi jumlah soda kue, air, cuka, dan garam yang dibutuhkan hingga setengahnya dan ikuti petunjuk di atas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/13/115500276/cara-membersihkan-saluran-air-yang-tersumbat-dengan-baking-soda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke