Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Sebelum Memilih Kura-kura Sebagai Hewan Peliharaan

Kompas.com - 13/03/2021, 11:16 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kura-kura peliharaan adalah hewan peliharaan yang populer. Karena hewan ini pendiam, lucu (terutama saat masih kecil atau tukik), dan tidak merontokkan bulu.

Kura-kura juga bisa hidup sangat lama antara 50 sampai 100 tahun, sehingga kamu tak harus merasa kehilangan hewan peliharaan dalam waktu dekat.

Jika ingin memeliharanya sebagai hewan peliharaan, artinya kamu sudah siap untuk berkomitmen dalam merawatnya.

Baca juga: Sebelum Memelihara, Cari Tahu Makanan untuk Deretan Reptil Berikut Ini

Berikut adalah panduan untuk kamu yang ingin memelihara kura-kura, seperti dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (13/3/2021).

1. Perilaku dan temperamen

Kebanyakan kura-kura jinak dan cenderung pemalu kecuali jika dua jantan dimasukkan ke dalam satu kandang. Untuk itu tidak disarankan meletakkan kura-kura jantan dalam satu kandang.

Hal ini juga bisa memicu perilakuagresif satu sama lain dan bahkan membuat mereka saling serang yang mengakibatkan cedera serius.

Kebanyakan kura-kura terlalu besar untuk dipegang saat dewasa, dan disarankan untuk tidak menangani mereka terlalu banyak saat mereka lebih kecil. Hal ini dapat menyebabkan kura-kura stres, yang seringkali berujung pada penyakit jika situasi stres tersebut terus berlanjut.

Kelemahan terbesar kura-kura peliharaan bagi kebanyakan orang adalah umurnya yang panjang. Kura-kura yang lebih besar, seperti sulcata, dapat hidup lebih dari 70 tahun, jadi kamu harus memiliki rencana untuk merawat kura-kura peliharaan di usia tua mereka.

Baca juga: 14 Hal di Rumah yang Harus Diwaspadai Pemilik Hewan Peliharaan

2. Kandang

Banyak spesies kura-kura berukuran cukup besar dan membutuhkan kandang berukuran besar pula. Kura-kura juga lebih suka berada di luar ruangan. Karenahal inilah, kura-kura paling cocok untuk daerah dengan iklim yang lebih sejuk.

Bergantung pada suhu tempat asal kura-kura dan area tempat tinggalmu, mungkin perlu membawa kura-kura peliharaan ke dalam ruangan semalaman atau selama cuaca dingin atau terasa terlalu panas.

Sedangkan, untuk kura-kura yang lebih besar artinya kamu harus menyediakan kandang dalam ruangan yang juga besar. Beberapa spesies juga perlu hibernasi yang dapat membuat kura-kura sangat stres dan membutuhkan kondisi lingkungan khusus.

Saat membuat kandang luar ruangan, kamu harus memastikannya kuat dan membuat pagar khusus jika memiliki kura-kura peliharaan yang suka menggali. Kura-kura cukup kuat, terutama yang lebih besar, dan kandang yang tipis tidak akan menahannya untuk waktu yang lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com