Kompas.com - 24/04/2021, 11:50 WIB
Ilustrasi kamar mandi. SHUTTERSTOCK/FUSIONSTUDIOIlustrasi kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar kamar mandi tetap dalam kondisi bersih, Anda juga harus memperhatikan kebersihan keramik kamar mandi. Oleh sebab itu, mengetahui cara membersihkan keramik kamar mandi sangatlah penting.

Selain dengan produk pembersih yang dijual di pasaran, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan di dapur untuk membersihkan keramik kamar mandi. Beberapa di antaranya adalah lemon, cuka putih, dan baking soda alias soda kue.

Dikutip dari Real Homes, Sabtu (24/4/2021), berikut cara membersihkan keramik kamar mandi dan beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Lantai Kamar Mandi Tetap Kesat

Kenali jenis keramik kamar mandi yang akan dibersihkan

Sebelum Anda membersihkan keramik kamar mandi, penting untuk memeriksa jenis keramik yang akan dibersihkan. Ini untuk memastikan tidak terjadi kerusakan saat pembersihan.

Bahan keramik dan porselen mudah dibersihkan dengan sebagian besar produk dan larutan pembersih. Namun, bahan marmer dapat rusak oleh asam seperti lemon dan cuka, serta kain pembersih abrasif, jadi Anda harus berhati-hati dengan jenis pembersih yang digunakan.

Cara membersihkan keramik kamar mandi

Jika Anda membersihkan keramik kamar mandi, sebaiknya gunakan air panas selama beberapa menit sebelum mulai membersihkan untuk membuka pori-pori bahan tertentu. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau lebih banyak kotoran dan mendapatkan hasil akhir yang lebih bersih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bersihkan lumut, kerak, atau kotoran sebelum membersihkan keramik. Jika Anda menggunakan bahan kimia pembersih yang lebih berat, selalu buka jendela atau pintu meminimalkan udara kotor dari bahan kimia.

Baca juga: Simak, Ini Pilihan Keramik Kamar Mandi Anti Licin

Cara membersihkan keramik kamar mandi dengan lemon

Lemon adalah produk pembersih keramik kamar mandi yang sangat baik karena sifat asam alaminya. Isi botol semprotan dengan air perasan lemon dan semprotkan ke keramik sebelum menyeka bersih dengan kain atau spons basah.

Anda juga bisa langsung merendam kain ke dalam air perasan lemon sebelum menyeka keramik, lalu bilas dengan air hangat.

Cara membersihkan ubin kamar mandi dengan cuka

Campurkan sekitar setengah cangkir cuka putih suling dengan satu liter air hangat dan tuangkan ke botol semprot. Semprotkan ke dan bersihkan dengan kain lembab.

Cara lainnya, rendam kain lembut seperti kain mikrofiber dalam campuran tersebut, seka keramik, lalu bilas dengan air hangat. Cuka putih adalah disinfektan alami yang bekerja sangat baik sebagai pembersih keramik.

Halaman:


Sumber Real Homes
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X