Kompas.com - 24/04/2021, 10:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menanam kaktus memang gampang-gampang susah. Beberapa orang menyebut merawat kaktus adalah hal mudah karena sifatnya yang kuat. Namun, kaktus kecil yang biasa kita dapat dari sovenir pernikahan tak selamanya bisa bertahan dan hidup subur.

Bagi kamu yang baru membeli atau mendapat hadiah kaktus mini, berikut tips merawat kaktus mini agar tetap hidup dan tumbuh subur dilansir dari laman Livabl, Sabtu (24/4/2021). 

Baca juga: Tak Hanya Jadi Hiasan, Ini Manfaat Kaktus dalam Kehidupan Kita

1. Sirami Kaktus

Semua jenis kaktus dan succulents atau sukulen mampu beradaptasi dengan lingkungan kering. Kedua tanaman hias ini dapat mentoleransi sinar matahari penuh. Kaktus biasa hidup di gurun, tempat yang sering tidak mendapat hujan, sehingga dapat menghemat air dengan menyimpannya di dalam tubuh.

Bukan masalah besar jika kamu tidak menyiramnya setiap hari. Sebab, kaktus juga dapat hidup di tanah kering. Namun, jika kamu hampir tidak pernah menyiramnya, kaktus akan menarik cadangan air dari tubuh. Bila hal itu terus terjadi, kaktus tidak dapat tumbuh subur, bahkan mati. 

Baca juga: Tak Hanya Jadi Hiasan, Ini Manfaat Kaktus dalam Kehidupan Kita

Untuk itu, rutin mengecek tanaman minimal tiga hari sekali guna memastikan apakah kaktus butuh disiram atau tidak.

2. Terkena Cahaya 

Kaktus dan succulents menyukai cahaya. Keduanya mampu beradaptasi di gurun yang hampir tidak ada tempat teduh. Jadi, berikan mereka banyak cahaya terang. Idealnya, tempatkan di jendela yang menghadap ke arah selatan atau barat. Di tempat tersebut, mereka akan terkena cahaya matahari lebih banyak. Pastikan mereka terkena matahari setidaknya enam jam per hari.

Namun, untuk succulents yang baru ditanam, kamu perlu hati-hati menjemurnya karena bisa hangus di bawah sinar matahari langsung. Karena itu, letakkan succulents pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung seperti di jendela yang menghadap ke selatan dengan tirai tipis di atasnya. 

Baca juga: Tips Memulai Taman Kaktus dan Cara Mudah Merawatnya

3. Pot Memiliki Lubang Drainase

Wadah atau pot kaktus harus memiliki lubang drainase untuk memungkinkan kelebihan air keluar. Ingat, succulents dan kaktus tidak suka terlalu basah dan tergenang air. Hal ini bisa menyebabkan batangnya membusuk.

4. Jangan Gunakan Semprotan

Menyiram dengan botol semprot dapat menyebabkan akar rapuh dan jamur pada daun. Untuk menyiramnya, siram air ke tanah, bukan daun. Saat kamu melihat tanah dalam keadaan kering, rendam hingga air mengalir keluar dari lubang drainase di dasar pot. 

Baca juga: Mengapa Kaktus Berubah Warna Jadi Kecokelatan? Ternyata Ini Sebabnya

5. Pakai Pot Besar 

Jangan tertipu oleh perawakannya yang tampak tidak mengintimidasi. Kaktus yang berada dalam pot berdiameter 10 sentimeter atau kurang—seukuran cangkir kopi atau lebih kecil—akan lebih sulit bertahan hidup daripada kaktus di wadah yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Livabl
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.