Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2021, 07:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama yang kehadirannya mengganggu di rumah. Tikus bisa berkembang biak dan memakan banyak hal di rumah, mulai dari kabel, kertas, hingga makanan.

Salah satu tempat di mana tikus kerap beraktivitas adalah di plafon rumah. Kehadiran dan aktivitas tikus di plafon rumah sering menciptakan suara berisik yang meresahkan.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (25/4/2021), untuk Anda yang terganggu dengan kehadiran tikus di plafon rumah, berikut beberapa cara mengusirnya.

Baca juga: Dua Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Peppermint

1. Lakukan upaya pencegahan tikus

Cari lubang dan celah di bagian bawah eksterior rumah terlebih dahulu. Periksa di sekitar pipa, saluran, kabel, dan ventilasi, apakah ada bukaan yang tidak tersegel.

Periksa sambungan antara kusen pondasi dan dinding serta rangka ventilasi pondasi dan jendela ruang bawah tanah. Periksa bingkai jendela dan pintu dan periksa atap serta lampu kilat di sekitar ventilasi loteng dan kipas di atap.

Isi celah dengan dempul atau lembaran seng, sesuai dengan lebar atau luasan celahnya.

2. Membasmi tikus di plafon rumah

Cari di plafon bila ada kemungkinan noda urin dan jejak kotoran tikus, yang berbentuk butiran hitam kecil seukuran butiran beras.

Baca juga: 5 Cara agar Tikus Tidak Bersarang di Dapur

Tikus memilih area terpencil di plafon dan sudut dan di bawah tikar isolasi untuk tempat bersarang, dan berjalan di samping balok langit-langit dan dinding untuk perlindungan ekstra.

Pasang jebakan di sepanjang jalur aktivitas tikus. Di sepanjang balok langit-langit, pasang dua jebakan secara berdampingan, dengan umpan di ujung yang berlawanan.

Pasang perangkap di dalam langit-langit dan di titik-titik seperti pipa ledeng, di mana tikus dapat keluar dari langit-langit.

Pasang perangkap di dalam ruang kosong di antara balok langit-langit jika diperlukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com