Kompas.com - 22/04/2021, 10:59 WIB
Ilustrasi minyak peppermint. PIXABAY/SILVIARITAIlustrasi minyak peppermint.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran tikus di rumah bukanlah hal yang menyenangkan. Hadirnya tikus, baik beberapa ekor atau kawanan, bisa menciptakan kondisi berbahaya di rumah.

Oleh sebab itu, membasmi tikus menjadi hal yang penting dilakukan. Meskipun demikian, membasmi tikus tidak harus selalu dilakukan dengan perangkap tikus atau racun tikus.

Ternyata, tikus dengan mudah dibasmi dari rumah Anda hanya dengan menggunakan aroma peppermint di sudut-sudut rumah di mana mereka biasa berkumpul. Ya, benar, peppermint diyakini dapat membantu membasmi tikus.

Baca juga: 5 Cara agar Tikus Tidak Bersarang di Dapur

Dikutip dari Family Handyman, Kamis (22/4/2021), meskipun cara alami tidak selalu menjadi jawaban untuk membasmi hama, namun peppermint menawarkan solusi alami yang berhasil untuk membasmi tikus.

Ini ada hubungannya dengan sifat tikus, yang lebih mengandalkan indera penciuman daripada penglihatannya.

Tikus memiliki penglihatan yang sangat lemah tetapi indera penciuman yang kuat dan tajam. Ini menjadi masuk akal mengapa tikus biasanya menyukai keju, bukan?

Peppermint jelas memiliki aroma yang kuat, yang tidak disukai tikus. Menurut Victor Pest, peppermint mengandung senyawa mentol yang sangat kuat yang mengiritasi rongga hidung dan membuat tikus kabur.

Baca juga: Tips Membuat Perangkap Tikus Sendiri, Pakai Ember

Anda dapat menggunakan dua cara untuk mengusir tikus dengan peppermint.

Yang pertama adalah menanam peppermint dan meninggalkannya di sekitar rumah. Aroma peppermint mencegah mereka masuk atau berkeliaran di tempat pertama.

Jika Anda tidak menyukai rumah yang penuh dengan tanaman peppermint, Anda mungkin lebih suka menggunakan minyak peppermint. Semprotkan minyak esensial peppermint di berbagai area rumah yang dapat diakses tikus.

Jika Anda mencoba menangkap tikus, semprotkan minyak peppermint secara strategis di tempat yang tidak diletakkan perangkap tikus. Secara teori, ini seharusnya mengarahkan mereka ke mana-mana ketika Anda menyemprotkannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X