Kompas.com - 22/04/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi kulkas, lemari es. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi kulkas, lemari es.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi alat elektronik yang diandalkan untuk menyimpan berbagai bahan makanan, sudah seharusnya kulkas diperhatikan kebersihan serta keadaannya. Sehingga kulkas dapat bekerja lebih efesien dan memiliki daya tahan yang lama.

Namun, tak bisa dipungkiri, ada beberapa masalah yang akan ditemukan di saat menggunakan alat elektronik ini, salah satunya adalah kulkas bocor alias air dari kulkas membasahi seluruh lantai. 

Seperti yang dilansir dari CNet, Kamis (22/4/2021), penyebab kedua masalah tersebut, kemungkinan adalah keberadaan embun beku yang mulai menumpuk di dinding freezer, sehingga pembuat es tidak berfungsi secara maksimal dan menimbulkan tetesan air yang banyak.

Baca juga: Mengapa Pintu Kulkas Tidak Bisa Menutup Sempurna? Kenali Sebabnya

Namun, sebenarnya ini adalah masalah kulkas umum yang sering kali terjadi, berikut beberapa masalah umum yang sering terjadi pada kulkas.

Kulkas bocor

Genangan air di bawah kulkas bukanlah pertanda baik, tetapi ini juga sering terjadi dan biasanya dapat diatasi dengan relatif mudah. Kebocoran air biasanya berasal dari salah satu dari dua masalah.

Pembuangan es yang tersumbat adalah salah satu penyebab paling umum. Ini terjadi ketika partikel makanan atau kotoran lainnya menyumbat selang pembuangan, yang dapat menyebabkan penumpukan es dan, akhirnya, air bocor dari freezer dan kulkas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengatasinya, matikan kulkas, kemudian tarilk kulkas Anda keluar dari dinding dan temukan selang pembuangan defrost kulkas di panel servis belakang bawah.

Baca juga: Ini Alasan Harus Melakukan Defrost Kulkas

Pada beberapa kulkas, selang ini terdapat di dalam panel pada bagian dasar kulkas, sehingga Anda harus membukanya terlebih dahulu. Selang ini harus memiliki katup karet, yang membantu mengatur kelembapan dan dikenal dapat menangkap kotoran dan penyumbatan.

Bersihkan katup dengan air panas dan sabun, dan pasang kembali katup. Selain itu, kulkas bocor juga bisa disebabkan karena dari waktu ke waktu, saluran pasokan air yang tersumbat atau membeku akan menyebabkan air menggenang di bawah lemari es

Halaman:


Sumber CNET
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.