Kompas.com - 21/04/2021, 08:03 WIB
Ilustrasi tikus shutterstockIlustrasi tikus

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama pengganggu di rumah. Selain merusak berbagai peralatan, memakan bahan-bahan makanan, tikus juga bisa menyebarkan penyakit berbahaya.

Dapur kerap menjadi tempat beraktivitas dan bersarangnya tikus. Ini tentu berbahaya, sebab di dapur terdapat banyak bahan-bahan makanan yang akan Anda olah menjadi hidangan.

Oleh sebab itu, Anda harus melakukan beberapa upaya pencegahan agar tikus tidak bersarang di dapur. Bagaimana caranya? Dilansir dari Family Handyman, Rabu (21/4/2021), berikut beberapa di antaranya.

Baca juga: Tips Membuat Perangkap Tikus Sendiri, Pakai Ember

1. Tutup semua akses masuk

Tikus bisa sangat pandai masuk ke area rumah, termasuk dapur, bahkan melalui celah yang sempit. Bahkan, tikus disebut bisa masuk ke dalam lubang yang lebarnya kurang dari satu inci.

Tikus bisa masuk ke lubang-lubang kecil, terutama jika ada makanan yang memikatnya. Itu adalah salah satu dari banyak hal yang tikus tidak ingin Anda ketahui.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa seluruh area dapur Anda dan menemukan titik masuk yang mungkin bisa menarik tikus ke dapur. Cari lubang di samping atau bahkan di dalam lemari, semua rak dapur, di belakang atau di bawah kompor atau kulkas, dan banyak lagi.

2. Pastikan wadah makanan tertutup rapat

Tikus menyukai dapur karena banyak makanan. Oleh sebab itu, pastikan semua bahan makanan tertutup rapat di dalam wadah.

Baca juga: 7 Penyebab Tikus Masuk ke Dalam Rumah

Gunakan wadah atau stoples kedap udara untuk menyimpan semua makanan dan bahan makanan. Dengan begitu, tidak ada alasan dan akses bagi tikus untuk menyantap makanan Anda.

3. Jaga agar dapur tetap bersih dan rapi

Tikus dapat bertahan dengan jumlah makanan yang sangat sedikit setiap hari. Mereka hanya membutuhkan sekitar 3 hingga 5 gram makanan sehari, jadi remah-remah Anda adalah camilan yang sempurna untuk tikus.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah tikus keluar adalah dengan menjaga dapur tetap rapi, tidak hanya seminggu sekali, tetapi setiap hari. Setelah memasak makanan, bersihkan lantai dapur dengan cepat.

Selain itu, jangan lupa membersihkan kompor dan meja dapur dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X