Kompas.com - 20/04/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi tetangga, bertetangga di lingkungan tempat tinggal. SHUTTERSTOCK/SVRSLYIMAGEIlustrasi tetangga, bertetangga di lingkungan tempat tinggal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya kamu menjalani hubungan yang baik dan dekat dengan seluruh tetangga yang ada di sekitar rumahmu dan lingkungan tempat kamu tinggal.

Oleh karena itu, kamu perlu menjadi tetangga yang baik agar dapat membangun persaudaraan dan kedekatan, sehingga kehadiranmu bisa 'dianggap' oleh lingkungan sekitar.

Ingat, selain keluarga, orang terdekat denganmu adalah tetangga, sehingga apabila suatu saat kamu membutuhkan pertolongan, tetangga terdekatmu lah yang akan menolong.

Baca juga: Anjuran dan Larangan yang Perlu Kamu Terapkan di Ruang Tamu

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (20/4/2021), berikut ini 10 cara agar kamu bisa menjadi tetangga yang baik di tempat kamu tinggal.

1. Jangan buat kebisingan

Tidak ada yang mengharapkanmu untuk diam menerus, tetapi kamu juga harus menghormati aturan dasar tertentu saat membuat terlalu banyak suara.

Jangan pernah membuat kebisingan yang mengganggu tetangga sekitar rumah, yang pada akhirnya memberikan pandangan negatif terhadapmu.

Berikut ini beberapa aturan menjaga kebisingan dasar:

- Jika kamu tinggal di gedung apartemen, jangan berteriak kepada seseorang di ujung lorong. Orang lain mungkin sedang tidur atau istirahat.

Baca juga: 15 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Bertamu

- Tidak ada alasan untuk menancapkan paku di dinding umum yang kamu bagi dengan apartemen atau rumah sebelah lewat dari jam 8 malam. Kamu harus bisa menunggu sampai hari berikutnya.

- Jangan membunyikan klakson kendaraanmu setiap kali kamu hendak masuk ke dalam rumah.

Pada intinya, sebisa mungkin hindari kebisingan yang mungkin menurutmu biasa saja tapi tidak bagi tetanggamu, terlebih hal itu dilakukan pada malam hari di waktu orang-orang beristirahat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X