Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 01/05/2023, 10:31 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kalanya kamu suatu waktu akan menjadi tamu saat mengunjungi rumah teman, kerabat, rekan kerja, keluarga dan lain sebagainya.

Jika kamu berencana mengunjungi rumah seseorang hingga menginap di sana, luangkan waktu untuk mempelajari pedoman dasar tamu yang santun, agar kehadiranmu bukan menjadi hal yang negatif di mata tuan rumah.

Saat kamu akan berkunjung dan menjadi tamu, ikuti aturan tuan rumah, jangan lupa membawa sesuatu kepada mereka, dan tentu saja, sampaikan ucapan terima kasih setelah kamu pergi. Tidaklah sulit jika kamu terbiasa berperilaku baik.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok di Sudut Ruang Tamu

Ilustrasi rumah dengan warna cat abu-abu. Shutterstock/Artazum Ilustrasi rumah dengan warna cat abu-abu.

Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 15 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat menjadi tamu di rumah seseorang.

1. Lupa bertanya tentang peraturan rumah

Setiap pemilik rumah biasanya memiliki peraturan tertentu, maka jadikanlah itu hal pertama yang kamu lakukan ketika kamu tiba, atau bahkan lebih baik sebelum kamu pergi ke rumah orang yang akan kamu kunjungi.

Beritahu hal itu dengan semua anggota keluarga yang akan ikut bersamamu dan tekankan pentingnya mengikuti aturan mereka.

Beberapa aturan mungkin tidak masuk akal bagimu, tetapi ada alasan bagi pemilik rumah untuk menerapkannya. Dan tolong, jangan mempertanyakan atau menentang mereka.

Baca juga: Trik Dekorasi Ruang Tamu dengan Biaya Minim

2. Meninggalkan jejak yang berantakan

Kebanyakan tuan rumah mengharapkan sedikit gangguan ketika ada tamu tinggal di rumah mereka, jadi jangan membuat rumahnya malah menjadi berantakan dan kotor.

Jika kamu secara tidak sengaja membuat kekacauan seperti menumpahkan sesuatu yang membuat kotor, maka jangan biarkan tuan rumah yang menanganinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com